Greetings Akiba-chan dan Akiba-Kei! Masih ingat kan dengan review event Shingatsu no Ken (Shingatsu no Ken Event ) sebelumnya. Ya event tersebut mengundang cosplayer ternama asal Jepang, yaitu Zumi dan Touga. Nah, Akiba Team juga berkesempatan untuk mewawancarai kedua cosplayer keren ini. Penasaran seperti apa? Yuk simak!

15

Q : Sejak kapan kalian mulai cosplay bareng? Apa cosplay pertama yang dicosplaykan bersama-sama? Masih ingat nggak bagaimana dulu kalian bertemu dan bisa cosplay bareng sampai sekarang ini?

Zumi : Kami memulai cosplay bersama sejak 2 tahun yang lalu, cosplay pertama yang kami cosplaykan bersama-sama adalah karakter dari Final Fantasy Type-0. Kami bertemu pertama kali pada suatu event cosplay.

Touga : Ya kami bertemu pertama kali pada suatu event, saat itu kebetulan kami mengcosplaykan karakter yang sama dan kami berfoto bersama, sejak itu kami sering ber-cosplay bersama.

13

Q : Kalian kan sudah sering cosplay karakter yaoi bareng, kalau setiap photosession karakter yaoi pernah merasa canggung tidak? Lalu bagaimana kalian mengatasi kecanggungan tersebut saat photosession?

Zumi : Kami tidak merasakan apa-apa. Ketika ada pose yang terasa salah maka kami akan merundingkannya ‘Oh sepertinya pose ini aneh, kita ganti saja’ tanpa ada rasa apa-apa.

1396883_1513137092320258_5058782874203162897_o

Q : Banyak yang bilang bahwa make up cosplay kalian seperti lukisan, make up seperti itu sebenarnya terinspirasi dari apa/siapa?

Zumi : Inspirasi untuk cosplay tidak ada, tapi kami sering berlatih dengan teman sehingga sudah terbiasa

: Siapa karakter Touken Ranbu favorit kalian? Kenapa karakter tersebut menjadi favorit kalian?

Zumi : Iwa Toushi. Karena saya suka karakter yang macho dan tinggi

Touga : Mitsutada. Karena meskipun karakter tersebut adalah karakter yang keren, namun ia memiliki masa lalu yang kelam. Saya tertarik dengan kemisteriusannya.

1

: Bagaimana Zumi di mata Touga? Begitu pula sebaliknya?

Zumi : Touga adalah orang yang suka bercanda dan saya mengagumi dirinya

Touga : Kami menyukai karakter yang sama, saya senang bisa bercosplay bersama. Saya merasa beruntung bisa bercosplay bersama dia

: Siapa yang paling sering inisiatif untuk membuat cosplan baru?

Zumi : Touga yang lebih sering. Untuk memilih ini atau itu

Touga : Ya karena Zumi kalau diajak suka-suka aja untuk ngikutin

Zumi : Asal bersama-sama, kami senang menjalaninya

: Kalian kan pernah meng-cosplaykan karakter dari Game Idolish 7, grup Trigger? Apakah kalian memainkan gamenya? Lagu apa yang paling difavoritkan?

Touga : Ya

Zumi : Iya Tentu, yang paling difavoritkan adalah lagu Natsu Shiyouze dari Trigger.

12957486_1261882553840792_8099281640610357546_o

Q : Apa sih tips untuk bisa bercosplay seperti kalian?

Touga : Saya waktu pertama kali cosplay pun tidak terlalu bagus, baik dari membuat baju dan make-upnya. Tapi dengan belajar dari karakter dan belajar dengan orang lain, karena saya sangat menyukai karakter tersebut dan saya memang senang. Terhadap karya orang lain tersebut kita juga harus sayang pada karakternya, tidak hanya asal cosplay saja, jadi walaupun ada saat sedih atau susah ketika meng-cosplaykannya, pasti tetap bisa dilakukan. Menjadi seorang cosplayer pun tidak bisa seenaknnya, kita juga perlu untuk terus menjaga sikap

Zumi : Cosplay itu cakupannya luas dan bentuknya macam-macam, seperti photosession dan sebagainya. Saya bisa menjadi seperti sekarang ini karena saya menyukai cosplay dan melakukan cosplay dengan senang. Saya berharap untuk cosplayer lain untuk menyenangi cosplay kalian dan senang menjalaninya tanpa ada rasa beban.

11

Kedua cosplayer ini memang lebih sering dikenal bercosplay bersama. Tidak hanya pada cosplay saja, namun di kehidupan sehari-harinya mereka sering menonton film bersama, hang out bersama, dan memiliki kesukaan yang sama. Bahkan keduanya mengakui sama-sama membenci musim semi karena alergi dengan serbuk bunga

Menurut Touga karakter yang selama ini paling sulit di-cosplaykan adalah Ayato Yuri dari komik Yarichin Club karena dia harus terus menjulurkan lidah pada saat photosession. Sedankgan karakter Luffy karena karakternya yang ceria, berbeda dengan karakter lain yang biasa ia cosplay-kan. Karakter yang saat ini ingin dicosplay-kan oleh mereka berdua salah satunya adalah Noctis dan Rompt dari Final Fantasy

Zumi dan Touga memang terkenal dengan mengcosplaykan karakter – karakter cowok. Menurut Touga ia lebih merasa tertantang untuk melakukan cosplay menjadi karakter cowok, sedangkan menurut Zumi ia terlalu tinggi meng-cosplaykan karakter perempuan. Semua kostum yang mereka cosplay-kan adalah buatan sendiri, karena di Jepang tidak lazim untuk memesan kostum dari orang lain.

Sumber Zumi Facebook Page
Sumber Zumi Facebook Page

Selain cosplay, Zumi juga suka bermain musik. Ia bisa memainkan gitar. Selain itu ia juga suka bermain skateboard. Cosplayer satu ini sangat aktif di twitter dan sangat menyukai musim panas. Manga yaoi favoritnya adalah Yoru to Asa dan Colour Recipe.

11082573_1034791529883230_8283244140765809493_n

Tidak hanya seorang cosplayer, Touga juga adalah seorang designer. Jika kalian mengikuti perkembangan cosplayer satu ini, ia mengubah namanya menjadi Lay. Ia mengubahnya karena ingin mencoba hal baru dan karena nama Lei dari kata Rei merupakan bagian dari nama keluarganya. Cosplayer yang belum pernah memerankan karakter wanita ini mengaku selain hobby cosplay ia juga adalah orang yang mager untuk keluar rumah,atau yang ia akui sendiri, seorang hikikomori.