Dua kata yang bisa membuat fans manga sedih adalah kata Tamat dan Hiatus. Dan sayangnya kedua kata tersebut muncul dihadapan para fans manga Detective Conan hampir bersamaan baru-baru ini. Karena tak hanya manga Detective Conan utama sedang dalam masa hiatus yang agak lama, tapi manga spinoff Conan Zero no Nichijou (Tea Time) juga dikabarkan akan tamat! Tapi ada secercah harapan juga dari kabar ini.

Seri manga Meitantei Conan atau Detective Conan dibuat oleh Aoyama Gosho dan telah diserialisasikan sejak Januari 1994 dalam majalah manga mingguan Shounen Sunday yang diterbitkan Shogakukan sampai sekarang. Tapi walau telah berjalan begitu lama, bukan berarti Detective Conan benar-benar sepenuhnya keluar terus rutin setiap minggu.

Karena ada kalanya manga tersebut memasuki masa hiatus yang bisa selama beberapa minggu. Alasannya sih seringnya bagus, yaitu karena Aoyama Gosho sang mangaka melakukan research akan materi yang bisa masuk dalam manga itu. Sasuga kisah detektif, perlu ada detail unik seperti masalah fisika, sejarah, dan lain-lain lagi.

Ini menunjukkan seriusnya Aoyama sensei sebagai mangaka akan kualitas karyanya. Dan saat ini juga hal tersebut sedang terjadi. Dengan Detective Conan dikabarkan memasuki masa hiatus selama 11 isu agar Aoyama dapat melakukan research, dan akan lanjut kembali tanggal 27 November.

Tapi yang menarik dari Detective Conan, adalah sejak Juli 2018 lalu, dilakukan sistem unik, dimana selama manga Conan utama tak ada, maka akan digantikan oleh manga spinoff yang berjudul Zero no Tea Time yang dibuat oleh Arai Takahiro.

Spinoff tersebut dibintangi oleh karakter populer lain, Amuro Tooru, mengikuti populernya film Conan Zero no Shikkounin yang dibintanginya. Sistem itu terus berjalan, dan saat ini juga begitu… Tapi kemudian isu Shounen Sunday minggu ini mengatakan kalau Zero no Tea Time akan merilis chapter akhirnya minggu depan.

TAPI untungnya ada secercah harapan! Karena diumumkan juga kalau dalam isu setelah itu yang dirilis tanggal 2 Oktober, Arai sang mangaka Zero akan meluncurkan projek Amuro baru! Detail projek baru ini akan diberikan dalam isu minggu depan, tapi telah diberi teaser yang menunjukkan Amuro dengan Date Wataru dan tiga karakter lain, yang akan jadi bintang projek baru ini.