“Zashiki Warashi” mengundang keberuntungan atau kesialan…?

hallo mina san, adakah diantara kalian yang menyukai horor ataupun segala hal tentang mitos? nah, jika kalian para pecinta dunia horor dan mitos, mungkin ini artikel yang patut mina san baca.

mungkin diantara mina san ada yang sudah mengetahui cerita atau kisah tentang Zashiki Warashi?

yup, mitos tentang Zashiki Warashi ini sangat terkenal loh di wilayah Jepang.

Zashiki-Warashi1

Zashiki Warashi atau yang juga dikenal sebagai Zashiki Bokko ini merupakan Yokai atau hantu  atau siluman yang berasal dari kawasan Perfecture Iwate, Jepang.  Hantu atau Siluman yang berwujud anak-anak ini berhabitat di rumah warga sekitar.

jika yokai atau siluman ini menghuni suatu rumah, maka dipercaya orang yang tinggal dirumah tersebut akan mendapatkan keuntungan, tetapi ketika Zashiki Warashi meninggalkan tempat tersebut, maka seketika tempat tersebut akan bangkrut.  jadi bisa dibilang seperti mendatangkan keuntungan palsu pada pemilik rumah tersebut.

seperti yang tadi sudah dikatakan. Zashiki Warashi berwujud anak-anak berumur sekitar 5-6 tahun dengan rambut gaya “bob” dan wajahnya bersemu merah.  mereka bisa berwujud anak laki-laki ataupun anak perempuan dengan memakai pakaian tradisional kimono bermotif jika perempuan dan baju kesatria ukuran anak-anak bagi laki-laki. sangat jarang ada orang yang melihat sosok dari Zashiki Warashi ini, terkadang hanya pemilik rumah yang ditempati dan anak-anaklah yang bisa melihat sosok Zashiki Warashi ini.

umumnya mereka hanya diketahui melalui perangkap mereka.

Zashiki-Warashi3

saat menempati sebuah rumah Zashiki Warashi sering membuat kenakalan dan kerusuhan dalam rumah tersebut, seperti meninggalkan jejak kaki anak-anak di dalam rumah, membuat suara-suara hantu yaitu membuat suara seperti roda yang berputar sepanjang malam, suara kertas yang dikerutkan, suara anak-anak maupun suara Kagura (music suci aliran Shinto) .

Zashiki Warashi merupakan hantu penjaga rumah dan dewa keberuntungan, walaupun ketika mereka meninggalkan rumah tersebut seketika rumah tersebut akan mengalami kebangkrutan.  namun, terkadang Zashiki Warashi berteman dengan anak-anak dalam rumah tersebut, dan ada juga yang memperlakukan  Zashiki Warashi seperti anak mereka sendiri. Keinginan untuk mempertahankan Yokai atau hantu ini membuat suatu kebiasaan seperti mengatur makanan di Zashiki untuk mereka, serta meletakkan koin di fondasi rumah ketika akan membangun rumah.

nah, sekarang tinggal kalian yang menentukan Zashiki Warashi pembawa keberuntungan atau kesialan. 😀