Awali dengan niat untuk terus belajar. Kurangi drama, fokus pada prestasi. Zai-NARU Cosplay (2016)

Halo Akiba-Kei dan Akiba-Kei, masih ingat dengan Comic Fest 2016 pada bulan Mei lalu? Nah masih ingat kan dengan salah satu juri Cosplay di acara akbar tersebut, Zai-NARUCosplay.

Credit Photo By Co. Photography
Credit Photo By Co. Photography

Ya, Naru, begitu ia akrab dipanggil, adalah salah satu cosplayer anak bangsa berprestasi yang sudah mengharumkan nama Indonesia hingga panggung kompetisi cosplay tingkat dunia, World Cosplay Summit. Bersama dengan timnya, Daicon Sky, ia sering memenangkan memenangkan lomba cosplay. Sekarang ini ia sudah sering dipercaya menjadi juri di beberapa kompetisi cosplay di Indonesia.

Sebenarnya kemarin Team Akiba sempet lhoo ngobrol-ngobrol sedikit dengan cosplayer ganteng satu ini. Penasaran seperti apa? Yuk simak artikelnya!

Q : Sudah sejak kapan sih memulai cosplay dan kira-kira masih ingat ngga karakter pertama yang dicosplay-kan?

Zai-NARU : Saya sudah memulai cosplay sejak tahun 2008 dan karakter pertama yang saya cosplaykan adalah Zorro dari One Piece. Pertama kali cosplay pun saya sudah mulai mengikuti lomba cosplay di stage dan acara pertama yang aku ikuti untuk cosplay adalah acara Hellofest.

1490610_540255596073094_1515014589_o
Credit Photo by Youna Lin

Q : Dengar-dengar semua kostum kamu bikin sendiri ya? Sejauh ini apa sih kesulitan dalam membuat costum? Apalagi sebagian besar karakter yang kamu cosplaykan sering menggunakan armor.

Zai-NARU: Kesulitan yang ditemuin ketika membuat kostum mungkin adalah pembuatan kostumnya sendiri. Biasanya saya meminta bantuan teman karena saya tidak punya alatnya dan tidak punya skill untuk menjahit. Namun untuk semua armor yang saya gunakan, saya membuatnya sendiri.

Q : Karakter yang paling difavoritin buat cosplay apa sih?

Zai-NARU : Semua karakter yang saya cosplay-kan adalah karakter-karakter yang saya favoritkan. Kalau yang paling saya senangi dari seluruh favoritku adalah karakter Devil May Cry. Tidak hanya karena saya juga memainkan gamenya, tapi melalui karakter ini saya juga bisa memenangkan kompetisi cosplay pada acara Anime Festival Asia

11295619_773270512771600_8580821634187613199_n
Credit Photo by Funnie Photolosophy

Q : Bisa ceritain sedikit ndak tentang pengalaman kamu selama mengikuti ajang World Cosplay Summit di Jepang?

Zai-NARU : Awalnya sama sekali tidak menyangka, karena ini merupakan kompetisi cosplay terbesar yang pertama kali saya ikuti. Saya merasa takut tidak akan menang dan sudah pasrah akan menjadikan pengalaman ini pelajaran. Tapi alhamdulillah dikasih rejeki menang bisa membawa nama Indonesia melawan 20 negara di Jepang. Tentunya saya merasa sangat senang, di sana saya bisa berbagi ilmu dan bertukar pikiran dengan cosplayer lain di sana, serta menambah teman

Q : Bisa berikan sedikit tips dan saran untuk bisa bercosplay bagus seperti Naru?

Zai-NARU : Pertama selalu awali cosplay dengan niatan untuk mempalajari ilmu baru dan mencari jalan untuk melakukan yang terbaik dalam bercosplay. Kalau pernah melakukan kesalahan dalam bercosplay, review kembali dan perbaiki kesalahan. Kurangi Drama fokus pada prestasi.