Animanga bisa memberi efek besar kepada masyarakat Jepang, terutama untuk bisnis turisme dan hobi. Kita sudah melihat contoh yang bagus pada turisme Kota Hida dan berbagai produk buatan kota tersebut berkat anime Kimi no Na wa, yang berhasil meraup keuntungan yang begitu besar. Hal yang serupa juga terjadi pada musim dingin lalu, dimana anime Yuru Camp sukses bikin hobi kemping jadi Booming pada lokasi setting anime tersebut.

Kita sudah melihat hint akan hal tersebut dalam kabar seorang fans yang sampai pergi kemping memakai tenda Ita-tent buatannya sendiri, dan dokumentasi dari progam YBS Wide News. Tapi menurut kabar dari Sankei Shinbun, efeknya sudah lebih besar lagi.

Ditemukan kalau pada musim dingin kemarin, beberapa lokasi kemping dalam Prefektur Yamanashi mengalami kenaikan besar dalam jumlah pengunjung. Sesuatu yang tak biasa karena memang itu musim dingin, saat yang dikatakan dalam cerita Yuru Camp itu sendiri sebagai musim dimana jumlah pengunjung lokasi kemping hanya sedikit.

Yuru Camp

Agak ironis karena justru berkat anime itu, jadi banyak yang kemping pada musim dingin. Contohnya pada lokasi kemping di Kouan Campground di tepi Danau Motosu. Lokasi kemping yang dikunjungi karakter Rin di episode pertama anime Yuru Camp.

Saat anime tersebut tayang, Campground itu mengalami kenaikan pengunjung sampai Tiga Kali lebih banyak daripada musim dingin tahun sebelumnya. Selain itu, dikatakan juga kalau para pengunjung yang datang tak hanya dari daerah sekitar ataupun dari Jepang saja, tapi ada yang juga datang dari negara tetangga seperti Korea dan sampai Taiwan!

Hal serupa juga terjadi di campground lain, seperti di Suimeisou, yang dikatakan oleh staff biasanya tak ada yang datang pada musim dingin, tapi pada musim dingin kali ini setiap weekend pasti ada yang datang.

Fenomena ini membuat Prefektur Yamanashi jadi memiliki lokasi Anime Pilgrimage sendiri. Dan ini dipakai sebagai kesempatan oleh Prefektur tersebut dengan membuat website yang berisikan info mengenai lokasi asli dalam anime Yuru Camp.

Perkembangan yang bagus, karena sebelum ini, Prefektur tersebut sama sekali tak ada lokasi Anime Pilgrimage, tak seperti tetangganya, Prefektur Shizuoka, yang ada sampai lima. Selamat deh bagi Prefektur tersebut 😀

 

Comments