Kalian yang penggemar yuri pasti tahu dong kalau tahun ini bakal ada Yuri Exhibition? Atau jangan-jangan kalian enggak tahu kalau ada event ini di Jepang? Oke, Bagi kalian yang belum tahu, Yuri Exhibition atau Yuri-ten adalah sebuah event di mana para creator dan fans yuri berkumpul. Yah, bisa dibilang event ini seperti Comiket, hanya saja event ini dikhususkan untuk genre yuri.

Dan tahun ini pun event akan dilaksanakan seperti biasa pada tahun ini tanggal 17 sampai 25 Maret bertempat di pusat perbelanjaan Marui di daerah Ikebukuro, namun acara ternyata dibatalkan pada hari tersebut, kenapa ya?

Menurut pernyataan dari website resmi mereka mengatakan bahwa “Situasi yang terjadi saati ini menjadikan para creator yang ingin menampilkan dan menjual karya mereka jadi sulit, maka dari itu kami memutuskan untuk membatalkan Yuri Exhibition di Marui Ikebukuro”.

Itulah yang dikatakan oleh penyelenggara event tersebut, tapi tidak hanya acara tersebut saja yang dibatalkan. Pada 2 maret, event dengan nama World og Thigh Photography Exhibition yang menampilkan karya Yuria, juga dibatalkan dengan alasan yang serupa.

Mengapa kedua acara tersebut dibatalkan? Kemungkinan besar yang terjadi karena Yuria sang photographer yang juga berpartisipasi pada Yuri-ten 2018. Ini juga tidak menutup kemungkinan dengan 29 partisipan lain yang “sulit menampilkan atau menjual karya mereka”.

contoh yuri yang masih bisa ditoleransi

Marui juga merupakan pusat perbelanjaan yang masih baru, jadi tidak aneh jika mereka ingin menurunkan konten yuri yang mereka jual nanti. Mereka tidak mempermasalahkan dengan sebagian konten yang sebagian creator buat, namun tidak dengan Yuria dengan yuri photography dan tiga partisipan lain seperti Albina Albina, SAKUnoTORIDORI, dan Minori Takahashi.

Di Jepang, konten yuri yang masih berupa ilustrasi merupakan konten yang masih diterima, sedang kan yuri yang “nyata” tidak selalu diperbolehkan. Marui merupakan pusat perbelanjaan umum, maka tidak heran jika mereka mempertimbangkan golongan pembelanja yang tidak memiliki hubungan atau ketertarikan dengan genre tersebut.

contoh yuri yang masih tabu di jepang

Event tersebut kemudian akan diselenggarakan dengan tanggal dan tempat yang berbeda di Tokyo, itu pun masih dalam spekulasi. Tapi para penggemar yuri tak perlu kecewa, karena akan ada Yuri-ten lain yang akan diselenggarakan pada 31 Maret di Osaka dan 8 April di Namba Parks dan juga di Fukuoka pada pertengahan april (lokasi pasti belum dipastikan). Atau bagi kalian yang tidak sempat sama sekali bisa pergi berbelanja Yuri-ten merch dengan pergi ke situs partner, Village Vanguard.

Hmm, sayang sekali ya Yuri-ten kali ini dibatalkan, tapi jangan khawatir! Kalian masih bisa berbelanja di tempat lain atau jika kalian tidak sempat, kalian masih pesan deh. Kalau dilihat dari website mereka sih, saya jadi pengen beli semua deh, hehe. Kalau kalian, apa yang mau dibeli pada Yuri-ten nanti?