Kali ini akan memperkenalkan seorang pendatang baru di industri musik jepang, nama nya YUMI. Sekilas saja, dia baru melakukan debutnya dengan meluncurkan 3 single perdananya medio september kemarin, yang masing-masing judulnya, Take a Chance , Sorairo Canvas, dan Higher . Yang menarik disimak disini adalah Yumi ini ternyata berasal dari Indonesia, tepatnya Bandung. Dara kelahiran 18 Maret 1992 penggemar LiSa dan Aoi Eir ini memiliki sederet prestasi di ajang event jejepangan tingkat Nasional, disamping hobiny sebagai cosplay dan vocalist sebuah band. Adapun prestasinya sebagai berikut,

  • Di tahun 2012, sebagai pemenang dari lomba karaoke Japan Foundation dan Lomba karaoke Fetival Kampus Widyatama.
  • Di tahun 2013, runner up Ennichisai Anisong, dan pemenang lomba karaoke Lawson Jatiwaringin.
  • Di tahun 2014, runner up Ennichisai Anisong.

 

Setelah meluncurkan single nya, singer yang memiliki nama asli Intan Kusuma Dewi ini akan merilis cd album nya yang pertama di jepang besok pada 5 November 2014, dengan judul, “Stairway to Dreams”. Berikut sekilas interview perkenalan dengan Yumi,

Q : Mengenai asal usul stage name “yumi” kenapa dipilih dan mulai kapan dipakai?

A : Sebenernya nama yumi itu, awalnya dari darimana ya? XDD. sebenernya awalnya cuman iseng-iseng gitu, Pake nama monkey generator, yang buat bikin nama dalam bahasa jepang, awalnya hasilnya Yamashita Miyako, Kebetulan Miyako nya nama nya pas buat yumi, karena Miyako itu Gadis canrik yang lahir di bulan maret, tapi karena terlalu banyak yang sama-samain dengan Nama ricecooker, yumi coba lagi nama miyako itu, jadi dapet Yumi. Yumi artinya Busur yang cantik . Jadi dari dulu sampe sekarang dipake terus deh.

Q : Kapan kamu mulai mengenal budaya jepang dan jpop culture?lagu jepang pertama yg memberi kesan sehingga kamu suka dengan j-pop?

A : Baru sih kayanya, kenalnya sih udah lama. Dari anime anime yang pernah tayang di stasiun tv swasta, mungkin dari tahun 2006 atau 2007, Cuman engga terlalu terjerumus. Suka sama lagu J-pop ya, dari tahun 2008. Morning Musume yang PV nya di kereta itu loh, apa lupa namanya XD. terus ikut2in dance nya deh. Dan pada akhirnya yang bener2 itu tahun 2010 Pas pertama kali ngepublish video di youtube.

Q : Siapa Japan singer yg menjadi inspirator gaya musikmu?dan genre musik seperti apa yang akan kamu bawakan?

A : Aoi Eir sama LiSA, Jpop. Mungkin lebih ke arah ke Jpop dengan sentuhan rock kali ya? Powerful tapi energic.. Mungkin seperti itu?

Q : Saya ingin mendengar cerita singkat, bagaimana kamu bisa sampai terjun di industri musik di jepang seperti sekarang

A : Awalnya semua karena mengikuti lomba Ennichisai tahun 2013, Awalnya sempet ga bakalan ikutan karena jadwal band yang bentrok sama audisinya. Tapi karena kesempatan untuk pergi ke jepang itu ada dan ingin mencoba sampai mana kemampuan saya, dan sampa batas mana saya bisa mengikuti lomba ini. Saya memaksakan diri untuk pergi kesana, dan mengikuti audisi, Saat final kebetulan saya engga menang haha, Tapi disitu lah mimpi saya mulai menjadi kenyataan sedikit demi sedikit. Disitu producer yang menjadi producer saya sekarang menawari saya untuk bernyanyi di jepang,

Q : Nah sekarang mengenai 3 single pertama yg akan dirilis di album pertamamu, bisa tolong diceritakan mengenai content masing”single atau mungkin garis besar yang isi dari single” tersebut?dan saya tertarik dengan single higher yg jika saya dengar di dalam liriknya menyebut kata “Jakarta”, adalah cerita tersendiri mengenai single tersebut?

A : memang menceritakan tentang Yumi penyanyi dari indonesia, Yumi yang menginginkan bernyanyi di negeri orang lain, Yumi yang ingin selalu mencapai impiannya yang tinggi dan lebih tinggi lagi. Kalo lagu Sora iro no canvas, mungkin lebih ke arah mungkin terkadang kita mengalami segala masalah untuk mewujudkan impian kita, jadi lagu ini memberikan sesuatu seperti jika kamu mempunyai impian walaupun terlalu banyak rintangan kalian masih bisa mewujudkannya. walaupun itu sulit, Take a chance, jika kalian mempunyai mimpi dan ingin mewujudkannya jangan diam saja, ambilah kesempatan yang ada. kesempatan yang ada bisa membuat kalian mendekati impian kalian. . Garis besarnya kaya gitu kali ya? XD

Q : Dan sekarang mengenai album pertama mu, yg akan mengusung judul, “stairways to dreams”, mengapa kamu memilih judul tersebut untuk album mu?

A : Hmm.. Karena semua lagu didalam ini menceritakan tentang sebuah impian, dan CD release yang pertama ini adalah awal mula dari sebuah impian yang yumi impikan sejak kecil menjadi penyanyi yang multitalented.

Q : So, sebelum menutup interview singkat ini, apa kesan mu mengenai album petama mu, dan pesan untuk para penggemar mu?

A : Album ini wujud dari dimulainya perjalanan dari impian saya. Semua lagu ini mempunyai arti khusus, yaitu sebuah pesan untuk para pemimpi diluar sana, untuk mewujudkannya. Walaupun mungkin orang-orang banyak yang meremehkanmu atau mencibirmu. tapi saya harap kalian bisa percaya dengan kemampuan kalian sendiri. Saya bisa, anda bisa, kita semua pasti bisa! Good luck! yeahhh! kwkwkwkwk.

Sekian interview singkat kami dengan YUMI, semoga makin banyak talenta indonesia yang bisa mengembangkan karyanya di negeri orang, dan yang pasti penuh perjuangan serta keinginan kuat untuk mewujudkan mimpi itu. Congrats untuk Yumi atas peluncuran single nya, dan untuk launching CD nya, jangan berhenti untuk bermimpi dan mewujudkannya yak.

Berikut performance Yumi ketika launching ke tiga single nya september yang lalu di Jepang,

.

 

 

Official website http://intan.asia

Official blog http://yumi-official.blogspot.jp/