Halo para Akiba-kei dan Akiba-chan. Hari ini langit sedikit mendung dan berawan, hati-hati kena thunderbolt, karena ada berita Thunderbolt Fantasy juga di Akibanation sini hehehe #taknyambung.
Eniwei, ngomong—gomong soal thunderbolt, selain berita keren soal film boneka bergaya anime tadi, ada kabar baru soal anime thunderbolt yang lain, yaitu untuk Gundam Thunderbolt, mengenai versi movienya, Mobile Suit Gundam Thunderbolt: December Sky.

Channel youtube Gundam ofisial, Gundam Info, baru-baru ini menayangkan streaming satu bagian dari movie December Sky, berdurasi tujuh menit (tapi total 9 menitan karena plus iklan info). Selain versi Jepang, versi audio dub Inggris juga sama-sama ditayangkan di channel youtube tersebut, yang juga berdurasi sama dengan versi Jepang. Keduanya juga sudah dilengkapi dengan subtitle dalam berbagai bahasa yang dapat dinyalakan atau dimatikan melalui CC youtube. Tapi sayangnya tidak ada bahasa Indonesia 🙁
Cekidot

Versi Jepang

Versi Inggris

Gundam Thunderbolt ini bersetting dalam Universal Century, dunia anime gundam pertama, saat Perang Satu Tahun tengah terjadi. Menceritakan pertempuran antara pasukan Federasi dan pasukan Zeon yang terjadi dalam area sektor Thunderbolt.

Pada awalnya Thunderbolt adalah sebuah seri manga karya Ohtagaki Yasuo yang terbit tahun 2012, yang kemudian diadaptasi oleh studio Sunrise menjadi Original Net Animation (ONA) berjumlah empat episode yang bisa ditonton melalui servis pay to watch. Episode pertama dikeluarkan pada hari natal, 25 Desember 2015, dengan episode keempat dan terakhir pada tanggal 8 April 2016.

mobile-suit-gundam-thunderbolt-animanga

December Sky ini adalah movie kompilasi dari semua ONA tersebut, dengan beberapa tambahan adegan baru dan beberapa perubahan dibagian soundtrack, yang akan tayang di bioskop Jepang pada tanggal 25 Juni 2016. Versi Blu-ray dan DVD dijadwalkan keluar pada tanggal 29 Juli 2016, akan tetapi dalam streaming tadi juga diumumkan kalau versi Blu-ray disc Complete Edition akan keluar pada tanggal 2 Juli 2016. Dengan versi audio berbahasa Jepang dan juga disertai versi audio dub bahasa Inggris. Dengan subtitle berbahasa Inggris, Prancis, Korea dan China.

Wah sebentar lagi tayang ni movienya. Mungkin buat yang mau menonton langsung semua ceritanya tanpa diputus-putus monggo ditonton. Belum lagi, juga ada tambahan beberapa adegan baru yang hanya ada di movie ini 😉