Para Akiba-kei dan Akiba-chan disini ada yang menyukai mecha? Ada yang suka memainkan game simulasi pilot mecha? Ada yang mau benar-benar merasakan bagaimana menjadi pilot mecha di seluruh badan dan tidak hanya melalui controller yang dipegang di tangan?

Sebenarnya alat untuk melakukan hal tersebut sudah ada, sejak tahun 2002 malah, di mana saat itu Capcom mengeluarkan sebuah game simulasi mecha untuk konsol XBOX yang diberi nama Steel Battalion. Game tersebut terkenal akan controller-nya yang benar-benar komplex dan bisa dibilang serius dalam hal memberikan immersion kepada gamer mengenai apa yang perlu dilakukan jika mereka perlu mengendalikan sebuah mecha, yang dibuktikan dengan adanya 2 joystick dan 40 tombol untuk mengendalikan mecha dalam game tersebut dan juga dengan pedal gas untuk kaki. Akan tetapi tingkat kerumitan kontrolnya dan harga game+controller untuk Steel Battalion membuat game tersebut tidak terlalu laku di pasaran.

steelbattalion

Balik ke masa sekarang, jaman telah berkembang, dan sekarang telah muncul teknologi baru lagi untuk menambah tingkat immersion para gamer, yaitu dengan VR Headset. Dengan diluncurkannya alat VR Headset, mulai bermunculan juga berbagai game atau software yang membuat gamer dan orang banyak merasakan dunia virtual yang tak kalah cantik dengan dunia nyata. Contohnya saja Bandai Namco Games dan Harada Katsuhiro, yang pada tahun 2014 dan 2015 lalu memamerkan teknologi VR mereka yang bernama Summer Lesson. Sesuai namanya, isi dari VR ini adalah mengenai seorang pria yang mengajari seorang gadis cantik di musim panas.

Nah di tahun 2016 ini, lebih tepatnya pada tanggal 15 April 2016, Bandai Namco akan membuka “VR Zone: I can” experience center, yang sesuai namanya, adalah tempat yang akan membuat para pengunjung dapat mengetes dan merasakan teknologi VR dan juga memberikan masukan. Total akan ada enam demonstrasi simulasi yang dapat dicoba, salah satunya adalah simulasi pilot mecha yang diberi nama Argyle Shift.

pilot

kokpit

Harada Katsuhiro juga turut terlibat dalam simulasi tersebut sebagai supervisor dan juga yang pada awalnya menulis perencanaannya. Selain Harada, projek ini juga menggaet berbagai nama besar dalam dunia genre Mecha dan Sci-fi. Aramaki Shinji, sutradara untuk movie Appleseed, akan menjadi direktur projek ini. Yanase Takayuki, desainer untuk mesin dan robot untuk berbagai anime seperti Ghost in the Shell Arise dan Captain Earth, akan mendesain bagian mekanikalnya. Kemudian Production I.G yang akan menangani desain akan dunia setting dan juga scenarionya.

Dalam VR Argyle Shift ini, player akan menjadi seorang test pilot yang mengendalikan sebuah mecha raksasa bernama Lucifer. Tapi ternyata tidak hanya itu, karena dalam simulasi ini juga dimasukan elemen seperti dalam VR Summer Lesson, yaitu interaksi karakter, yang disini ada dalam bentuk Aine, co-pilot yang berupa sebuah AI berbentuk seorang gadis muda yang akan berinteraksi dengan player.

lucifer+aine

piloting

Bagaimana Akiba-kei dan Akiba-chan? Mau pergi ke Jepang dan mencobanya?