Nippon Shoutengai, acara jejepangan yang beda banget dari acara-acara sejenis pada umumnya tahun 2016 ini bakalan kembali hadir menyulap pusat perbelanjaan di wilayah barat Surabaya menjadi Matsuri yang sangat sayang jika dilewatkan.  Matsuri ini ditangani oleh Akai Idea Factory yang pada awalnya bergerak di bidang creative design yang berbasis di Surabaya dan dipimpin oleh salah satu founder KOJTSU (Komunitas Jepang Surabaya) sekaligus former band indie Chocolatino.

Akai dalam bahasa Jepang memiliki makna ‘merah’; warna merah adalah warna yang memiliki nilai komunikasi yang kuat, karena menarik perhatian dan membangkitkan emosi.  Pada bulan Januari tahun 2015, Akai memulai debutnya di bidang event organizer dengan menghandle acara grand opening Chizuko Beauty Salon di Lenmarc Mall. Dengan hanya beranggotakan tidak lebih dari 10 orang crew inti dan kerjasama dengan talent-talent dari berbagai komunitas Jepang di Jawa Timur, Akai berhasil menyajikan suatu acara yang menarik, simple namun berkelas.

Wew, team nya aja keren nih apalagi acaranya 😀

Lalu….. Apa sih Nippon Shoutengai? Nih buat kalian yang belom tau, Shoutengai adalah sebuah istilah dalam bahasa Jepang untuk menyebut shopping district, sebuah area perbelanjaan di setiap kota di Jepang di mana toko, café, restoran, butik dan sebagainya berkumpul berderet-deret di suatu tempat semi-indoor dan dipadati oleh pejalan kaki dan pesepeda. Daerah-daerah seperti Shinsaibashi-tsuuji di Osaka, atau Oosu-doori di Nagoya, adalah salah satu contoh shoutengai. Tempat-tempat seperti ini tidak pernah sepi dari lautan manusia, bahkan di malam hari sekalipun. Shoutengai selalu dipenuhi orang dari berbagai kalangan dan usia, di mana mereka dapat melepaskan penat dari aktifitas di pagi hari sampai senja, dengan berbelanja atau sekedar window shopping dan mencicipi kuliner lokal. Shoutengai bukan suatu tempat yang artifisial atau dibuat hanya untuk tujuan pariwisata; shoutengai adalah keseharian masyarakat Jepang. Dari konsep inilah, Akai bertekad untuk menyajikan sebuah acara yang tidak semu, tetapi memiliki tujuan untuk memperkenalkan Jepang kepada masyarakat luas, dengan bekerjasama dengan pihak-pihak yang terlibat dalam dunia Jepang di Jawa Timur, dari segi budaya, bahasa, seni dan bisnis kuliner.

MAIN POSTER SUPERFINAL

Oh yeah kalau gitu mari kita bahas apa saja yang bakal meramaikan nya nanti 😀

Nippon Shoutengai tahun ini mengangkat tema “Tokusatsu Attack” dan diselenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 16-17 April 2016 masih dengan lokasi yang sama yaitu Atrium lantai 2 Lenmarc Mall Surabaya. Nippon Shoutengai pada tahun ini dimeriahkan dengan berbagai macam lomba umum dan FLEA MARKET dimana para tenant dapat menjual barang-barang 2nd hand milik mereka.

Nah, di acara ini layaknya sentra PKL kalian bisa jajan sepuasnya. Eits tapi jangan salah, tenant tenant yang dihadirkan semuanya berbau jepang loh, jadi bakalan di dominasi masakan jepang yang biasanya bisa kalian beli dengan harga “mahal” di resto resto kali ini dalam Nippon Shoutengai nggak akan bikin kantong jebol. Kurang enak gimana tuh, dapet makanan khas jepang dengan harga endeuss cuma disini lah~ Apalagi sambil hunting makanan ditemenin live music dari band-band jempolan. Widih, tambah nggak pengen beranjak deh dari tempat duduk kamu. Hehe.

poster-kyaraben

Kalian sudah puas makan? pengen coba yang lebih greget? tenang…. di acara ini ntar juga bisa ikutan kompetisi-kompetisi mereka kok. Sambil menyelam minum air, sambil pamer skill siapa tau menang dan bawa pulang duit. Mayan kan,.. perut keisi dompet juga keisi 😀

yang pertama ada lomba kreasi bentou box feat. BENTOYA, bahan-bahan nya udah disediain. Tinggal daftar, praktek dan voila! kesempatan menang makin lebar.

poster-cosplaycoswalk Nggak bakat mendekorasi makanan? cobalah ikutan cosplay & coswalk competition, barangkali memang passion kalian mendekorasi badan! hehehe. Dengan modal daftar doang kalian bisa membawa pulang duit jutaan rupiah 😀

Selain itu ada juga dance cover dan penampilan para guest star para Local Artist dari berbagai macam daerah di Jawa Timur. Antara lain Chocolatino, Akiba Street, Otaku, Fantom, Crime Buster, Re:alive, Kiseki, dll. Selain band, juga akan ada Dance, Yosakoi, Taiko serta Cosplay juga yang terangkum dalam rundown dibawah ini yang siap menghibur kalian dua hari penuh di weekend kelabu para jones. Yang udah kepo banget simak dulu aja deh, kalau minat dateng langsung aja batalin semua kesibukan kalian weekend depan. Temenin mimin icip-icip makanan disana 😛
Nippon Shoutengai Nippon Shoutengai