Nama Nintendo memang sudah melegenda. Mereka selalu kreatif dan inovatif dalam hal menciptakan sebuah konsol atau sistem gaming dari kita-kita masih kanak-kanak sampai sekarang. Mulai dari Game Boy sampai DS sampai Wii. Nah sekarang, Nintendo telah mengumumkan konsol karya terbaru mereka. Sebelumnya konsol ini diberi nama NX, tapi sekarang nama resminya telah berubah, mereka menamainya Nintendo Switch. Ayuk para gamer dan fans Nintendo merapat, kita cek detailnya ­čśë

Dari dulu sampai sekarang, konsol bisa dibilang tepisah menjadi dua tipe. Home Console, atau konsol yang terpasang disebelah TV dirumah. Tak dapat dibawa kemana-mana, tapi memiliki spec yang besar dan kuat. Dan satu lagi adalah Portable/Handheld Console, atau konsol yang dapat dibawa kemana-mana, tapi tidak memiliki spec sekuat Home Console. Nintendo dengan lihainya menggabungkan kedua tipe tersebut dalam konsol terbarunya ini.

Nintendo Switch adalah sebuah Home Console, tapi sesuai namanya, Switch, yang bisa berarti Tukar, dapat henshin jadi Handheld Console dan dibawa kemana-mana. Dalam bentuk normal Nintendo Switch terpasang dalam Switch Dock dan dua Joy-Con controller. Dua Joy-Con ini dapat digabung memakai aksesori Joy-Con Grip.

Untuk mengubahnya dari Home ke Handheld cuma dengan melepas kedua Joy-Con dari Grip dan memasangkannya ke Nintendo Switch, dan dicopot dari dock dengan ditarik keatas. Dan dengan mudahnya Switch berubah menjadi sebuah konsol Handheld.

Nintendo Switch

Atau bagi yang terbiasa main game dengan controller klasik, Switch juga memiliki Joy-Con Pro controller yang berbentuk seperti controller umum. Tapi keunggulan dari Joy-Con controller masih belum selesai. Controller ini juga tetap dapat dimainkan biarpun terpisah-pisah. Dan karena ada dua, kedua bagian controller ini juga bisa dimainkan menjadi dua controller secara local multiplayer.

Untuk game, Nintendo Switch akan memakai sistem Cartridge, dan telah dikonfirmasikan sampai 48 developer dan publisher game yang mendukung konsol ini. Reggie Fils-Aime, COO dari Nintendo of America mengatakan konsol Switch ini juga akan memberikan banyak sekali ruang kreativitas bagi developer dengan membuka visi kreativitas tanpa batas.

nintendo-switch-partners

Dan yang khawatir dengan performance game tak perlu khawatir, karena Switch memakai prosesor NVIDIA Tegra custom, dan juga mendukung Unreal Engine 4. Dan dengan layar display HD yang terang, akan membuat tampilan game secara handheld tetap secerah TV rumah. Untuk detail-detail dan info lainnya seperti harga jual atau demonstrasi langsung, dikatakan akan dirilis seiring berjalannya waktu sampai pada waktu perilisan Nintendo Switch, yaitu pada bulan Maret 2017 nanti.

Kereeeeeeennn dah ­čśÇ Nintendo memang masih sulit ditandingi dalam hal kreativitas. Mulai dari DS dengan dua layar, 3DS dengan tampilan 3D portable, Wii dengan controller nunchaku wireless, sekarang Switch melanjutkan tradisi fitur unik Nintendo dengan konsol Home Handheld Hybrid. Jadi tak sabar menunggu info baru soal konsol keren ini ­čśë