Yuk intip Bunkasai Unitomo 2015, Natsu Matsuri

Sebagai media berita Jepang #1 , Akiba Nation berusaha konsisten untuk mensupport Event lokal, yang bertema kejepangan. Bulan lalu tepatnya 15 Maret, salah satu Event bertema kejepangan yang diadakan oleh Mahasiswa Universitas Dr. Soetomo digelar. Dan tentu saja seperti Event Jepang lainnya, acara ini benar-benar dipadati pengunjung. Bertempat di Gedung F UNITOMO, venue khas ini menyjikan suasana bunkasai yang sedikit berbeda dengan bunkasai pada umumnya. Memanfaatkan gedung berlantai Lima, yang di setiap lantainya diisi dengan berbagai macam stand pernak-pernik Jepang, hingga macam-macam kuliner khas Jepang, lalu pada puncaknya lantai lima terdapat Auditorium yang menjadi lokasi Acara Utama berlangsung.

Acara didalamnya lumayan beragam, salah satu concern dari event ini adalah lomba akademik, dan pengenalan beberapa budaya Jepang. Salah satu yang paling menarik adalah, budaya Rakugo, bisa disebut seni bercerita/ Story Telling. Mendatangkan narasumber langsung Wakabayashi Kenji, sedikit banyak persembahan ini menambah pengetahuan kita tentang Rakugo. Selain pengenalan, Rakugo ini juga dikompetisikan, dan beberapa peserta juga sangat total dalam menceritakan legenda-legenda Jepang.

Rakugo

IMG_7622

 

Yang pasti Bunkasai UNITOMO sukses untuk menambah wawasan kita tentang budaya Rakugo ini, dan juga menyajikan event yang berkesan dengan venue yang khas. Hmm, salah satu event yang menjadi tujuan rutin pecinta Jepang di Surabaya tiap tahun ini penataan dan konsep Venue. Sebenarnya sebuah keunggulan mempunyai venue indoor, namun karena pengunjung semakin bertambah dan padat. penataan lokasi juga harus diperhatikan, terutama flow pengunjung. Namun overall acara ini sudah bagus, dan tahun depan akan sangat ditunggu terutama inovasi yang akan dibuat khususnya dengan mengangkat dan memperkenalkan budaya-budaya Tradisional Jepang yang unik lainnya.

IMG_7457

IMG_7427

IMG_7502

IMG_7530

IMG_7617

IMG_7650

IMG_7686

IMG_7689

IMG_7693

IMG_7704

IMG_7749

IMG_7759

IMG_7766

IMG_7821