Virtual Youtuber masih populer di Jepang, yang terbukti dengan makin terkenalnya Vtuber macam Kizuna Ai. Tak heran kalau bisa semakin banyak yang ingin mencoba melakukannya. Dan untuk itu, mirip dengan bagaimana dibuka sekolah VR untuk mengembangkan teknologi itu beberapa waktu lalu, dikabarkan kalau pada tahun 2020 nanti akan dibuka course pengajaran menjadi youtuber di Yoyogi Academy.

Akademi Animasi Yoyogi, adalah sekolah animasi tertua di Jepang. Tapi meskipun begitu saat ini pengajaran mereka tak hanya pada animasi, dengan dibuka juga pengajaran mengenai figure dan penulisan scenario manga dan novel.

Dan dengan virtual youtuber booming yang terjadi sejak beberapa waktu lalu yang membuat semakin banyak orang yang mau menjadi virtual Youtuber, sekolah itu memutuskan untuk membuka pengajaran mengenai topik tersebut.

Youtube Course tersebut adalah salah satu dari 13 course baru yang akan mulai dibuka pada bulan April 2020 nanti. Dan ini adalah pertama kalinya sekolah tersebut mengimplementasikan course pengajaran yang full didedikasikan untuk Youtube, dengan para murid akan diperkenalkan kepada keadaan menjadi Youtuber dan Virtual Youtuber pada masa sekarang ini.

Dalam tahun pertamanya para murid akan diajarkan mengenai cara filming dan program editing software, mengorganisir stream, dan bagaimana menemukan ide. Kemudian pada tahun keduanya murid-murid akan diajarkan mengenai mengembangkan skill oral, cara menangani live Vtube streaming, dan juga skill menari dan bernyanyi.

Pengajaran tahun kedua itu mungkin terasa aneh jika melihat Youtuber pada umumnya, tapi skill tersebut adalah hal yang sudah erat dalam industri entertainment Jepang. Dan itu memang skill yang berguna dalam menjadi seorang Vtuber. Yang terlihat dengan bagaimana beberapa Virtual Youtuber juga ada yang melakukan aktivitas layaknya idol Jepang pada umumnya, seperti Kizuna Ai.

Mengenai konten course tersebut, perwakilan Yoyogi Academy mengkomentari hubungan antara Virtual Youtuber dan voice actor, dengan pentingnya memiliki skill ekspresi diri untuk keduanya. Dengan mempelajari dasar menjadi pengisi suara, murid akan dapat belajar memproduksi karya mereka sendiri dan berkomunikasi dengan penonton.