Mungkin diantara mina-san ada yang suka membandingkan seseorang dengan karakter sebagai julukan candaan, entah karena wajah atau sikap atau lain-lain lagi. Hal tersebut wajarnya jadi lucu-lucuan, tapi kadang bisa saja itu ditangkap sebagai hinaan yang membuat kesal. Dan hasilnya bisa meleduk jika yang diejek atau dibercandai adalah orang berstatus besar. Seperti yang pernah terjadi pada youtuber Spanyol ini, yang membuatnya sampai dilapor ke polisi.

Youtuber tersebut adalah Raul Alvarez, atau namanya sebagai Youtuber, AuronPlay. Ia sendiri memang bukan seseorang yang kecil, karena bisa dibilang ia adalah salah satu youtuber terbesar di negara Spanyol dengan jutaan subscriber.

Baru-baru ini ia menceritakan pada salah satu video terbarunya kalau ia pernah dilaporkan ke polisi dan ikut pengadilan karena alasan yang terlihat kocak, dimana ia memberikan julukan Doraemon kepada seseorang.

Atau spesifiknya, bukan si kucing biru itu langsung, tapi si karakter utama dan sahabat Doraemon yang terkenal agak bodoh, Nobita. Dan ia bisa kena laporan seperti itu karena orang yang diejeknya sebagai Nobita adalah seseorang yang statusnya juga besar, dan mungkin mina-san yang fans dunia sepakbola pernah dengar namanya.

Ia adalah Josep Bartomeu, presiden dari salah satu klub sepakbola terbesar dunia, Barcelona FC. Ejekan Nobita dari Alvarez itu sendiri bisa lahir karena mengikuti candaan meme saat pemain sepakbola Neymar pindah dari Barcelona ke PSG.

Dikatakan kalau Alvarez mendapatkan pemberitahuan akan keluhan dari Josep Bartomeu yang melapor ke polisi kalau Alvarez “menyebarkan komen akan klub Barcelona, Neymar, dan sang presiden” dan membuatnya dibawa ke pengadilan. Kocaknya “kasus” ini tak berakhir buruk buat Alvarez, karena dikatakan kalau sang hakim pengadilan itu langsung melempar keluar kasus itu.

“Kasus” ejekan macam ini bisa terjadi di tempat lain juga. Dengan contoh terkenal lain dan lebih serius adalah Presiden negara China Xi Jinping yang karena dibandingkan dengan karakter Winnie the Pooh, membuat karakter beruang imut itu sama sekali tak muncul di Disneyland China dan filmnya juga tak ditayangkan di negara tersebut.