Anime Jepang sudah begitu populer dan berpengaruh sampai gaya ala anime Jepang menjadi genre tersendiri. Itu membuat bisa munculnya hal-hal yang bisa di”anime”kan atau di”Jepang”kan. Dan hal yang termasuk disitu bisa berupa film Hollywood sampai cartoon barat. Contohnya untuk cartoon adalah yang dilakukan oleh Youtuber Narmak Animation baru-baru ini, dengan merilis sebuah epic short anime Spongebob.

Yup, Spongebob 😀 karakter sponge kotak kuning yang pasti sudah banyak yang kenal dari seri cartoon Spongebob Squarespace. Seri tersebut mulai tayang dari tahun 1999 di Nickelodeon, dan walau awalnya popularitasnya kecil, makin lama seri itu tumbuh besar.

Kini, seri Spongebob Squarepants menjadi salah satu cartoon paling dikenal dan panjang umur, dengan masih tayang sampai sekarang bahkan setelah penciptanya Stephen Hillenburg meninggal pada tahun 2018. Dan tentunya, ketenaran itu membuat mereka sudah tayang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tapi balik ke poin utama, Youtube animator Narmak jadi terkenal karena seri itu, dimana beberapa tahun lalu ia membuat parody opening anime Spongebob, yang kecenya adalah animasinya dibuat sendiri olehnya, dengan lagu Color of the HEARTS karya UVERWORLD dari anime Blood+.

Ia kemudian melanjutkannya dengan opening kedua, masih dianimasikan sendiri olehnya, dengan lagu Paper Moon karya Tommy Heavenly6 dari anime Soul Eater. Dan ia makin hebat lagi dengan opening ketiga dimana ia kerjasama dengan Youtuber Jepang Romi untuk membuat lagu original anime Spongebob! Yang berjudul Kaitei no Orchestra (Precious Time).

Dan baru-baru ini ia makin mantaps lagi, karena seperti yang dikatakan diawal, Narmak Animation baru merilis short anime Spongebob yang dibuat olehnya yang benar-benar terasa sangat anime! Tak hanya dengan lagu opening buatan Romi tadi, tapi juga dengan casting pengisi suara multilingual yang bisa berbahasa Jepang.

Dan popularitas anime itu begitu besar, dengan dalam 5 harian anime Spongebob itu sudah ditonton sampai 6 jutaan kali! Dan kerennya lagi, walau default sub anime itu dalam bahasa Inggris, sudah ditambahkan banyak bahasa lain sebagai subtitle, termasuk Indonesia. Bagi yang penasaran, silahkan ditonton disini 😉