Negara Jepang memang bisa saja melakukan sesuatu yang terlihat kreatif, bahkan sampai para Youtuber-nya. Contohnya Ai dan Yua, yang merupakan Youtuber Let’s Player virtual. Ada juga yang patut dipertanyakan seperti Youtuber Pepsiru yang menawarkan Free remas Oppai. Kali ini ada kabar soal Youtuber Jepang lagi, yang tak hanya kreatif tapi juga mendidik. Karena ia menunjukkan kalau kita bisa buat pisau.. dari ikan, yaitu Katsuo Knife.

Youtuber tersebut bernama Attoteki Fushinsha no Kiwami, agak panjang ya πŸ˜€ dan ikan yang dipakainya adalah ikan Bonito. Ikan tersebut dipakai dalam beberapa hidangan Jepang dalam bentuk olahan khas, yaitu Bonito Flake, atau nama Jepangnya, Katsuobushi.

Mina-san mungkin sudah pernah melihatnya ditaburkan diatas makanan jajanan Jepang Takoyaki dan Okonomiyaki. Bonito flake ini adalah serpih-serpihan yang berbentuk seperti kertas yang terlihat bergerak-gerak seolah hidup menari-nari diatas makanan. Selain itu, Bonito itu bisa juga dipakai sebagai bahan utama pada Dashi, kuah khas yang dipakai dalam berbagai makanan Jepang lain.

Dan Attoteki Fushinsha menunjukkan dalam video demonstrasinya kalau Bonito Flake Katsuobushi ternyata tak hanya bisa menjadi kertas-kertas yang menari diatas makanan atau bahan sup kuah, tapi berpotensi jadi pisau yang tajam juga. Itu karena bentuk Katsuobushi yang seperti kertas adalah hasil serutan, yang sebelumnya berbentuk seperti batang kayu yang padat.

Dan bentuk Katsuobushi yang padat ini memang terkenal sangat sangat keras, sampai dikatakan kalau itu adalah makanan paling keras nomor 1 di dunia. Dan Attoteki Fushinsha membuktikannya dalam videonya, memperlihatkan kalau Katsuobushi padat bisa dipakai sebagai palu juga.

Dan karena bentuknya sudah seperti pisau, yang perlu dilakukan Attoteki adalah menyerutnya lebih tipis lagi, sampai batang Katsuobushi yang tebal jadi memiliki pinggiran yang seperti bilah pisau. Yang setelah berbentuk tipis, kemudian diasah lagi seperti mengasah pisau.

Setelah diserut tipis dan diasah jadi pisau, Attoteki menyelesaikan proses pembuatan Katsuo knife tersebut dengan memanaskannya dalam oven pada suhu 100 derajat celcius. Dan setelah pemanasannya selesai, ia mengasah bilahnya lagi dengan batu asahan, dan jadilah senjata pisau ikan πŸ˜€

Kemudian diperlihatkan ketajaman Katsuo knife tersebut, yang tak hanya dapat memotong kertas tapi juga menusuk kaleng hingga bolong dengan mudah. Belum lagi sisa serpihan bekas serutan Katsuobushi tersebut bisa dimakan juga πŸ˜‰

Comments

Loading...