Para anak muda jaman sekarang pasti banyak yang suka liat vlog. Dan pastinya udah kenal sama Logan Paul. Youtuber amerika sekaligus aktor ini terkenal dengan kontennya yang nyeleneh dan mungkin juga beken karena memiliki paras yang ganteng. Tapi sayang sekali baru-baru ini youtuber amerika berumur 22 tahun tersebut malah tersandung masalah. Berabenya lagi nyangkut sama orang jepang. 🙁

Hal tersebut bermula saat Paul berkunjung ke jepang beberapa waktu lalu. Paul bersama crew nya memiliki rencana untuk berkemah semalam di hutan paling angker Aokigahara. Nah seperti para vlogger pada umumnya pasti dia pengen dong mengeksplor tantang hutan tersebut. Termasuk kabar tersohor bahwa Aokigahara menjadi tempat bunuh diri banyak orang. Iapun membuat video tentang perjalanannya itu.

^potongan video yang sudah didelete

Setelah beberapa saat mendaki, Paul dan crew nya menemukan sesosok lelaki yang bunuh diri dan jasadnya menggantung di pohon. Ia menyorot jasad tersebut dengan tambahan blur pada bagian wajah. Video nya tersebut diunggah pada tanggal 31 Desember silam dengan judul “We found a dead body in the Japanese Suicide Forest…” (Kami menemukan mayat di hutan bunuh diri Jepang).

Sayangnya, vlog Logan Paul yang selama ini lebih ke tema fun mendapat reaksi pedas dari netter jepang. Karena memang dianggap tidak cocok dengan apa yang mereka temui saat itu. Hutan Aokigahara bukan tempat untuk mencari kelucuan. Dibalik gelapnya banyak orang bunuh disana, ada sisi depresi yang harusnya bukan diekspos untuk ditertawakan. Hal tersebut membual Paul dicap sebagai orang tidak punya hati oleh masyarakat jepang.

Ia dinilai sebagai publik figure yang hanya cari viewers dengan mengahalalkan segala cara. Termasuk menertawakan orang meninggal karena depresi. Hujatan demi hujatan pun membanjiri kolom komentar channel Paul. Beberapa diantaranya dapat akiba-chan dan akiba-kei lihat dibawah ini:

(Aku telah melihat video Paul. Aku pikir sangat tidak sopan menertawakan dan meremehkan orang yang mengalami kesedihan mental hingga bunuh diri. Beneran orang yang nggak patut dimanusiakan)

(Logan Paul beneran lebih sampah ketimbang dugaanku)

(Logan Paul, lo pikir karna lo udah terkenal bisa seenak udel upload video. Lo pikir ngesensor muka orang mati di video itu daijoubu? Ini beneran bikin gue muak!)

Karena mendapat banyak kecaman akhirnya pada tanggal 1 dan 2 Januari 2018 Paul secara resmi meminta maaf kepada publik atas unggahannya tersebut. Ia juga menegaskan bahwa ia tidak bermaksud meremehkan masalah depresi yang berkaitan dengan bunuh diri.

youtuber amerika

Nah loh, makanya hati-hati ya teman-teman kalau mau bikin sesuatu apalagi yang menyinggung tempat atau budaya orang lain. Salah sedikit berape lho.