Yoshida no Hi Matsuri! Festival Api dekat Gunung FUJI!!!

Mikoshi diarak ke kuil
Mikoshi diarak ke kuil

Hallo, Akiba-chan dan Akiba-kei! udah lama nih ga bahas tentang matsuri. Kemarin tepatnya hingga hari ini, pada tanggal 26-27 Agustus masyarakat Jepang daerah kota Kota Yoshida sedang merayakan perayaan atau matsuri Yoshida no Hi! yang disebut juga Perayaan Api Yoshida (Yoshida no Hi Matsuri), tepatnya di daerah Yoshida, Prefektur Yamanashi, Jepang. Perayaan ini diadakan tiap tahunnya untuk meghormati Gunung Fuji sekaligus sebagai tanda bahwa hari mendaki gunung Fuji atau Fujiyama terakhir di musim itu.

fujiyoshida city
fujiyoshida city

Dimulai pada tanggal 26 tepat pukul 17:00 – 18:30 WIB, para masyarakat mengarak arak mikoshi (kuil kecil atau arak arakan yang biasa dibawa ketika perayaan/matsuri) dari Kuil Sengen Fuji ke araha Otabisho. Kemudian berlanjut lagi mengarah ke arah Gunung Fuji. Sedangkan tanggal 27, mikoshi kembali diarak dari Otabisho ke arah kuil.

Mikoshi diarak ke kuil
Mikoshi diarak ke kuil

Yang menarik dari Hi no Matsuri ini adalah, masyarakat mengarak obor yang dinyalakan api ketika perayaan.

fujiyoshida no hi matsuri
fujiyoshida no hi matsuri

Fujiyoshida yang merupakan terletak di sebelah utara Gunung Fuji, merayakan perayaan ini sejak dari 500 tahun lalu. Sejarahnya, perayaan ini berawal dari pembuktian seorang Dewi Konohanasakuya yang dituduh berselingkuh oleh suaminya (Dewa). Untuk membuktikan bahwa tuduhan itu salah dan keturunan asli, maka sang Dewi pun menempatkan anaknya ke dalam api. Jika sang anak tidak terbakar, maka ia benar benar keturunan dari suaminya yang memang seorang dewa. Namun jika sang anak mati terbakar, maka sang dewi benar benar terbukti selingkuh. Terbuktilah sang dewi memang tidak bersalah, sang anak selamat dari kobaran api bahkan tidak merasakan panas sedikit pun. Sejak saat itu, masyarakat kota fujiyoshida merayakan Fujiyoshida no Hi tia tahunnya. 😀

Lebih lengkap bisa cek disini