Jika ada fans animanga yang berwisata ke Jepang, kemungkinan besar mereka akan pergi juga mengunjungi Odaiba untuk bisa melihat dan berfoto-foto bersama dengan patung Gundam 1:1 yang berdiri disitu. Akan tetapi mendekati akhir tahun 2020 ini ada lagi lokasi macam itu yang bisa dikunjungi, yaitu Kota Yokohama, dimana disitu juga akan berdiri robot Yokohama Gundam skala 1:1 dan yang hebatnya lagi, dikatakan bisa berjalan!

Projek tersebut telah diumumkan November 2018 lalu dalam livestream konferensi pers mengenai perayaan anniversary 40 tahun seri Gundam. Disitu dikatakan kalau akan dibuat patung Gundam setinggi 18 meter, yang projeknya diberi nama Gundam Factory Yokohama.

Sesuai dengan namanya, projek pembangunan patung itu akan melibatkan pihak Kota Yokohama, yang akan membawakan supervisor tehnik dan desainer baru kedalam projek tersebut. Dan pada akhirnya, patung Gundam 18 meter tersebut akan dipertunjukkan dan juga berdiri di Yamashita Pier yang terletak di Yokohama.

Kini diberikan update info projek itu melalui livestream baru, seperti pengumuman kalau projek tersebut sudah hampir selesai. Dan telah dirilis juga beberapa screenshot dari visual desain lokasi dan fasilitas Gundam Factory Yokohama.

Patung Gundam pertama RX-78 seberat 25 ton yang berdiri disitu tentu jadi atraksi utama. Dan tak seperti patung Gundam di Odaiba, dapat dilihat juga bagian-bagiannya lebih dekat bahkan sampai keatas, dengan dibangun juga Gundam Dock Tower di sekitar Gundam tersebut.

Tapi tak hanya itu, karena diumumkan juga kalau ada fasilitas macam Gundam Cafe bagi pengunjung yang lapar atau haus, dan ada juga Gundam Base Yokohama Satelite Shop yang menjual berbagai merch seperti gunpla.

Dan ada juga ruang konferensi untuk mengadakan group workshop, dan academy yang menunjukkan proses pembangunan patung Gundam tersebut dan cara membuat patung itu bisa bergerak. Dan ya, tak seperti patung Gundam Odaiba yang gerakannya hanya terbatas pada bagian kepala dan form change, Gundam Yokohama ini dikatakan benar-benar bisa berjalan!

Walau tak diketahui saat ini apakah itu benar-benar bisa dilakukan, tapi bagi yang penasaran, bisa menunggu bulan Juli saat tiket masuk Gundam Factory Yokohama mulai dijual, dan event pengoperasian Gundam itu akan dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2020!