Nama Pokemon sudah begitu populer, akan tetapi kepopulerannya semakin meleduk lebih besar lagi dengan perilisan game Pokemon GO beberapa waktu lalu, dari Amerika, Jepang, bahkan di Indonesia. Kepopulerannya juga membuat teknologi AR semakin dikenal, dan memberi daya tarik bagi teknologi tersebut, bahkan Tamagotchi memakainya. Selain itu, ada kabar akan kemunculan game AR baru lagi, Yokai Watch AR.

Mungkin sudah banyak yang pernah mendengar nama tersebut. Yokai Watch adalah franchise multimedia yang telah tumbuh menjadi begitu besar. Seri tersebut berawal dari sebuah game yang dibuat oleh game developer Level 5 tahun 2013 lalu untuk konsol 3DS.

Setelah itu, seri tersebut telah menyebar, tak hanya dalam bentuk seri anime dan juga movie, tapi sampai film live-action, berbagai manga, kartu TCG, mesin Arcade, dan juga mainan. Luasnya penyebaran seri ini membuat banyak orang melihatnya sebagai versi modern atau saingan dari seri Pokemon, yang juga telah menyebar dalam berbagai bentuk.

Dan sekarang seperti Pokemon yang sukses meramaikan dunia mobage dengan Pokemon GO dan teknologi Augmented Reality, Yokai Watch juga akan mengikutinya, dengan pengumuman akan game AR Yokai Watch World.

Pengumuman ini telah dipersiapkan dari awal bulan ini, dengan Level 5 membuka sebuah website yang akan memberikan pengumuman spesial untuk merayakan 5 Tahun Yokai Watch pada event livestream yang diadakan tanggal 27 Juni.

Dan sesuai janji, pada tanggal tersebut diumumkan kalau Level 5 bekerja sama dengan developer mobage GungHo Online Entertainment, developer yang terkenal mengembangkan mobage populer Jepang lain, Puzzle & Dragons.

Channel Youtube GungHo Entertainment juga telah merilis PV dari game tersebut, yang menampilkan lagu tema game tersebut, berjudul Bouen no no March yang dinyanyikan oleh band BUMP OF CHICKEN. Dan selain PV tersebut, telah dirilis juga video gameplay game itu oleh channel Youtube dari Famitsu dan Coro Coro Comics.

Game ini telah dirilis di Jepang dan dapat dimainkan melalui smartphone Android dan iOs. Dalam game ini player dapat berteman, mengkoleksi, dan bertarung memakai Yokai. Dikatakan juga kalau setiap region bisa memiliki jenis Yokai yang berbeda.

Dan ada fitur unik dalam game ini, dimana Yokai bisa disuruh “Merasuki” player lain. Ini dapat membuat Yokai tersebut bisa membawa item atau Yokai lain yang berasal dari region lain. Keliatan seru ya mina-san, sayang ini hanya di Jepang, harap saja game ini juga bisa menyebar seperti Pokemon GO ya.

Comments