Jangan ngaku es krim holic kalau kalian belum pernah mencoba berbagai rasa dari belahan dunia lain. Beberapa bulan lalu sepertinya akiba nation sudah pernah memberikan beberapa rasa aneh es krim yang tersedia di jepang. Tapi meski aneh masih tetap dapat dicari sepanjang tahun karena merupakan produk – produk dari brand papan atas sekelas Hä*gen-D*zs. Oleh karena itu gimana kalau sesekali menjelajahi rasa aneh yang disediakan café café lokal? Berani coba?

Berikut ini adalah 4 rasa es krim teraneh sepanjang tahun 2016 (sampai bulan Oktober) yang berhasil penulis temukan. Hebatnya lagi es krim ini kebanyakan merupakan produk lokal yang disajikan dengan bahan berkualias tinggi lho! Soal harga pun tak begitu mencekik dompet. Jadi buat akiba-chan dan akiba-kei yang berminat mencicipi saat melancong tidak perlu kuatir boros. But siapkan lidah dan perut aja supaya nggak kaget 😀

1 – Rasa Daun Emas

daun-emas

Es krim nyentrik yang pertama dapat kalian temukan saat mengujungi Kinkakuji alias Golden Pavilion di kota Kyoto. Cemilan manis ini bernama Kinkaku Soft Ice Cream. Yang membedakan es krim ini dengan yang lain adalah isinya yang enak serta topping yang khas. Cone nya sendiri dibuat dari waffle, lalu setelah es nya siap dibubuhi pasta azuki dan topping bersinar. Ya, bersinar, kalian nggak salah baca. Topping ini adalah sepucuk daun emas! (atau lebih tepatnya berbentuk lembaran).

Tapi jangan khawatir, meski kelihatan kayak kertas topping ini edible kok. Sang chef mengolah emas murni sedemikian rupa sehingga melting dan asik saat dimakan. Bicara soal harga… hmm… mungkin cukup mahal tapi tentunya tidak semahal versi eropa. Haha. Cukup dengan 950 yen atau sekitar 100 ribuan sudah bisa makan es krim lezat dan sakral ini.

2 – Rasa Ikan Ayu dan Ramen

ikan-dan-ramen

Waduh, rada aneh nih. Rasa diatas mungkin sudah sedikit familiar kali ya. Tapi kalau rasa makanan gurih dan amis, gimana jadinya ya? Es krim nyeleneh tersebut hanya dapat kalian temukan di kedai Musashi, Ice Cream Shop di Yamaguchi yang punya pilihan rasa 100++! Dan harganya cuma 300 sampai 500 yen saja.

Btw kembali lagi ke soal rasa. Dua varian es krim ini biasanya disajikan dengan base vanilla, lalu diberi topping ramen dan ikan ayu panggang yang sudah dibumbui dengan garam. Jadi yaa… amis asin crunchy gimana gitu. Hehe.

3 – Rasa Belalang

Es Krim Belalang Macha AN

Sejatinya, belalang sudah menjadi lauk pauk yang biasa disantap di beberapa bagian daerah Indonesia. Di jawa tengah misalnya sering dijual berupa balalang crispy. Ternyata di jepang juga ada masayarakat penggila makhluk ijo tersebut. Ialah sebuah café di Uonuma – Niigata yang punya ciri khas ini. Azemichi Sofuto Kurimu merupakan es krim dengan base green tea yang lembut dan tambahan topping belalang crispy. Sangat tepat disantap saat berwisata meilhat lading padi nan menghijau. Harganyapun murah, satu cone sekitar 350 yen. Cuma ya gitu, siapkah kalian merasa geli melihat belalangnya nempel? Hahaha

4 – Rasa Ayam Goreng

ayam

Gila, gila, rasa terakhir ini memang gila. Benda kecil – kecil macam belalang or ikan oke laaah. Sedangkan rasa ayam goreng, ouuh, membayangkan saja sudah bikin merinding. Es krim berikut merupakan dessert terbaru peryaan sebuah matsuri tahun 2016. Tapi tenang, kabar baiknya, rasa mengerikan tersebut hanya dapat kalian temui saat Karaage Festival di Fukuoka pada April kemarin. Sayang sekali yang pengen nyoba. Barangkali nanti diadakan lagi kalian wajib memberanikan diri mencoba. Siapkan tisu dan plastic bag juga barangkali rasanya mengoyak lidah 😀