Mina-san masih ingat aktivitas menarik dari para fans anime AnoHana yang membersihkan lokasi Anime Pilgrimage Jembatan Chichibu? Aktivitas dengan konsep yang berguna dan patut dijadikan contoh. Dan baru-baru ini ada hal serupa yang terjadi, dengan lokasi di area Tokyo Tower, tapi lebih besar dan hebat lagi. Karena disitu, ada sampai ratusan cosplayer yang melakukan kerjabakti membersihkan sampah pada area tersebut.

Acara bersih-bersih di Tokyo Tower itu diberi nama Cosplay de UmiGomi Zero DaiSakusen, yang dilakukan pada tanggal 8 Juni kemarin. Aktivitas tersebut merupakan campaign yang diluncurkan oleh organisasi Nippon Foundation dan Cosplay Umigomi Zero Executive Committee, yang bekerja sama dengan World Cosplay Summit.

Tujuan dilakukannya aktivitas tersebut adalah untuk menambahkan kesadaran akan masalah sampah lautan, atau dalam bahasa Jepang, Umigomi. Masalah yang juga mengancam keindahan Laut Jepang, yang menjadi tempat foto-foto banyak cosplayer.

Tapi jika sampahnya di laut bukannya lebih bagus kalau bersih-bersihnya di pantai? Nah menurut Nippon Foundation, sampah-sampah yang muncul di laut itu, sebagian besar sumbernya justru datang dari sungai-sungai yang mengalir dari area perkotaan.

Aktivitas dengan inisiatif yang memang keren. Dan hebatnya lagi, seperti yang telah dikatakan diawal, banyak sekali cosplayer yang ikutan acara bersih-bersih ini. Total, dihitung ada sampai 430 cosplayer yang membersihkan area itu kemarin, dimana mereka mengumpulkan sampai 90 karung sampah!

Kekerenan tak berhenti sampai disitu, dengan kepala Foundation, Sasagawa Youhei, walau sudah lumayan berumur, ikutan tampil dengan cosplay sebagai Monkey D Luffy dan bersih-bersih juga bersama para cosplayer lain.

Dalam video dari Japan Times, ditunjukkan kalau ada juga yang tampil kreatif, seperti seseorang yang dengan cocoknya bersih-bersih dengan cosplay jadi Kapten Levy Shingeki saat ia membersihkan kamarnya. Ada juga yang cosplay jadi staff pembersih Disney Sea.

Acara ini juga memberikan hadiah bagi para cosplayer yang berpartisipasi, berupa stamp sertifikasi yang dapat digunakan untuk memberi akses pada event-event tertentu, termasuk akses ke stage cosplay event bersih-bersih tersebut.