Seni panggung Kabuki adalah budaya Jepang yang begitu tradisional, yang masih ditampilkan dan terkenal sampai sekarang. Dengan popularitasnya yang masih bertahan, menarik melihat banyak karya modern yang kadang mendapatkan kesempatan diadaptasi menjadi Kabuki seperti Naruto dan One Piece. Kini ada lagi karya modern terkenal lain yang dijadikan Kabuki, yang menariknya bukan berasal dari Jepang, yaitu Star Wars Kabuki.

Yup, seri sci-fi super populer Star Wars akan diadaptasi menjadi Kabuki di Jepang. Seri yang mungkin tak perlu banyak perkenalan dengan ketenarannya yang sudah mendunia, dan akhir tahun 2019 ini akan merili film terbarunya, Episode XI The Rise of Skywalker.

Film yang akan menjadi penutup dari sequel trilogy Star Wars, dan dikatakan sebagai episode final dari kisah saga Skywalker dan mengisahkan akhir konflik antara sisi Jedi dan Sith. Dengan berbagai elemen apik tersebut, tentu dilakukan berbagai hal seru dan menarik, dan acara Kabuki ini adalah salah satunya.

Star Wars Kabuki ini dibuat untuk merayakan film Rise of Skywalker, dan menggaet nama papan atas dalam penampilannya. Dengan aktor Kabuki Jepang terkemuka Ichikawa Ebizou ke-11 yang menjadi supervisor adaptasi Kabuki ini dan juga membintanginya, dimana ia tampil sebagai pemeran dari karakter Kylo Ren.

Ichikawa juga mengatakan kalau isinya akan menampilkan kisah cinta dan duka sepanjang 40 tahun dalam keluarga Skywalker, dan baik fans Star Wars maupun fans seni Kabuki juga akan dapat menikmati menonton penampilan ini.

Dikatakan juga kalau Kabuki ini tak hanya dilakukan memakai tehnik tradisional tapi juga dengan teknologi video modern, dan penampilannya dibuka hanya satu malam, yaitu pada tanggal 28 November ini di Tokyo. Seru juga ya, dan tak begitu mengherankan mengingat betapa erat dan dalamnya elemen budaya tradisional Jepang yang terkandung dalam kisah Star Wars.

Dari desain Darth Vader yang berdasarkan Samurai, sampai kata Jedi yang berasal dari kata Jidai Geki. Belum lagi Star Wars juga memiliki popularitas yang besar juga di Jepang era modern ini, sampai pernah ada juga kontes manga Star Wars tahun lalu untuk perayaan film Episode VIII.