Kemarin kita melihat kabar adanya koneksi antara Doraemon dan game, dengan beberapa staff dari film 3DCG Doraemon Stand By Me sedang membuat film 3DCG game Dragon Quest. Kali ini ada lagi kabar seru yang berhubungan dengan Doraemon dan dunia game, dengan game tersebut adalah game klasik soal bertani dan beternak, Harvest Moon. Karena baru-baru ini diumumkan, kalau akan dirilis game Doraemon HarvestMoon!

Ya, ini kabar yang bisa memberi rasa double nostalgia pada mina-san yang otaku generasi tahun 90-an. Dan projek game tersebut diumumkan oleh Nintendo dalam sesi Nintendo Direct yang ditayangkan pada hari Valentine tanggal 14 kemarin. Hadiah valentine yang indah ya Nintendo 😉

Dikatakan dalam trailer tersebut kalau game ini menggabungkan karakter seri Doraemon dengan gameplay sistem Harvest Moon. Dengan Nobita dan Doraemon, bersama dengan Shizuka, Suneo, dan Jaian, berpetualang dalam setting pedesaan bernama Season Town.

Tapi walau mereka berlima muncul, karakter utama yang dimainkan dalam game Doraemon Harvest Moon ini, tentunya, adalah Nobita-kun. Bagi yang sudah main game Harvest Moon tentu sudah tahu bagaimana sistem permainannya.

Nobita disini perlu bekerja keras bertani menanam berbagai sayur-sayuran, dan juga merawat hewan-hewan ternak seperti sapi, domba, ayam, dan lain-lain. Dan sama dengan game Harvest Moon, ada kuda yang bisa ditunggangi, dan selain doggy, diperlihatkan kalau ada kucing juga (selain Doraemon lol) yang bisa dipelihara.

Tak begitu diketahui bagaimana peran karakter kawan Nobita seperti Shizuka, Suneo, dan Jaian, tapi untuk Doraemon ia memiliki fungsi yang menarik. Seperti seri Doraemon original, disini ternyata kantong ajaibnya juga bisa dipakai, dimana ia bisa memberi berbagai item menarik untuk dipakai Nobita, seperti membuat sayuran yang ditanam langsung berbuah.

Tapi tentu tak hanya mereka. Diperlihatkan kalau Season Town yang menjadi setting game ini juga memiliki penduduk mereka tersendiri, yang perannya mungkin tak asing bagi yang sudah memainkan game Harvest Moon. Dari walikota sampai seorang dewi cantik.

Dan untuk konsolnya, dikatakan kalau game Doraemon Harvest Moon ini akan dirilis untuk konsol Nintendo Switch dalam tahun 2019 ini, tapi belum diberi tanggal pasti. Siapa yang sudah punya konsolnya? Apakah mau coba beli game ini?