Furusato Matsuri tokyo 2016 berlangsung di Tokyo Dome selama 10 hari dari tanggal 8 Januari sampai 17 Januari. Ini adalah acara yang sangat populer yang telah diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2009. Salah satu yang menarik yang paling diantisipasi dari acara ini adalah kompetisi untuk memutuskan pemenang nasi terlezat taraf nasional.

PicsArt_02-20-08.29.25

Donburi, atau don, adalah hidangan semangkuk nasi Jepang yang atasnya di hidangkan dengan bahan-bahan lain seperti daging, ikan atau sayuran. Mereka disajikan dalam mangkuk nasi besar yang juga disebut sebagai donburi. Menurut budaya makan yang dikenal sejak zaman dulu di Jepang, nasi putih harus dihidangkan di dalam mangkuk kecil dengan lauk yang diletakkan di piring terpisah. Makan nasi dengan lauk yang ditaruh di atasnya dianggap tidak sopan, sehingga cara makan dengan meletakkan nasi dalam porsi besar beserta di dalam mangkuk donburi dianggap melanggar aturan. Donburi dianggap cara makan yang praktis karena nasi sudah dihidangkan bersama lauk, sedangkan kuah yang meresap ke dalam nasi dianggap sebagai kelezatan tersendiri. Di Jepang, Donburi dianggap makanan rakyat karena tidak mungkin menikmati nasi dalam mangkuk donburi sambil mematuhi segala macam etiket makan. Ada banyak variasi dari donburi. Di antara yang lebih populer adalah oyakodon, Gyudon, Katsudon, dan unadon. Untuk kompetisi donburi di Tokyo Dome, pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai rasa donburi dan memilih salah satu favorit mereka. Jumlah pengunjung tahun ini mencapai yang terbesar dari tahun sebelumnya , sekitar 429.790 pengunjung datang untuk mengunjungi dan melihat festival! Pada tanggal 17 Januari yang merupakan hari terakhir festival, hasil kejuaraan donburi diumumkan.

  • Pemenang pertama

PicsArt_02-20-08.30.32

Hadiah utama diberikan kepada Aomori ini Hachinohe Ginsaba Torozuke Donburi. Ginsaba adalah tongkol premium yang tumbuh di perairan kasar dan tinggi lemak, yang memberikan ikan dengan cita rasa yang sangat lezat hmmm maknyuuss ? makanya nih dia menang sebagai juara pertama pembuat nasi terlezat. Hidangan donburi ini juga berhasil mencapai tahap akhir di 2012! Menurut pencipta donburi itu, Sawakami Hiroshi dari restoran yang disebut Saba no Eki, dan ke empat kalinya dia masuk ke kompetisi.

  • Pemenang ke dua

PicsArt_02-20-08.30.13

Pemenang ke dua adalah Kagoshima ini Shibushihatsu Kagoshima Kurobuta zanmai yang dilengkapi dengan hidangan daging babi hitam. Inilah rahasia nasi terlezat yang kedua. Kagoshima adalah produsen terbesar daging babi di Jepang. Daging babi hitam dari Berkshire adalah daging babi hitam yang sangat sangat dicari.

  • Pemenang ke tiga

PicsArt_02-20-08.29.48

Hidangan pemenang ke tiga adalah Hokkaido Tokachi Gyutorodon yang merupakan semangkuk nasi yang atasnya di hidangkan dengan daging sapi mentah cincang. Ini adalah hidangan terkenal yang diyakini memiliki efek energi. Daging sapi yang bersumber dari sapi yang dibesarkan dalam lingkungan yang sehat.

Jika Anda adalah penggemar donburi, 3 hidangan ini harus anda coba! Apakah Anda mencoba salah satu donburi yang tercantum di atas? Mana yang tampaknya paling selera untuk Anda?