Seperti janji sebelumnya, the GazettE yang telah merayakan ultah ke 13 nya dan juga mengumumkan perilisan album ke 8 berjudul DOGMA, akan kita bahas nih album-album sebelumnya. Jadi tercatat ada 7 Full album yang telah di rilis the GazettE nih, kalian yang ngaku Gazerock hafal gak nih?? the GazettE sendiri salah satu band favorit saya, sejak 2008 telah mengenal the GazettE jadi saya mengikuti mulai sekitar album Stacked Rubbish, dan saat itu GazettE mulai naik daun hingga besar seperti sekarang. Dan band yang cukup influential ini juga mempengaruhi musik saya (ehm, promo dikit gak apa ya, saya juga bikin cover iseng-iseng  dari band-band Jepang di Soundcloud, dan the GazettE salah satu nya. silahkan cek deh, atau bisa klik ikon-ikon di sebelah Profil saya, di bagian palin bawah artikel ini,, Thanks hehe)

Oke deh, langsung aja kita mulai Countdown nya bagi kalian yang penasaran, kita mulai dari paling bawah Nomer 7 ada:

7. Disorder

Disorder
Disorder

Released: 13 October 2004
Number of Tracks: 12
Recommended Tracks: The Social Riot Machine$, Tokyo Shinjuu, SxDxR

Disorder!! full album pertama yang di rilis oleh the GazettE, sayangnya berada di posisi terbawah di Chart ini. hmm,, padahal ada beberapa lagu-lagu yang cukup perlu untuk diperhatikan jika kita ingin mengetahui the GazettE. Tokyo Shinjuu adalah salah satu favorit saya. Mungkin alasan kenapa album ini berada di posisi terbawah adalah karena pada masa ini the GazettE masih dalam masa perkembangan, memang sih setelah album perdana ini di rilis, penyebarannya tak seluas saat mereka bergabung di Major Label, tapi tetap saja bagi penggemar setia the GazettE album ini memiliki tempat tersendiri di hati mereka, karena musiknya benar-benar jauh berbeda dibanding dengan album-album baru mereka.

Di masa-masa Disorder ini pun GazettE lebih terangkat namanya lewat Mini-Album seperti Cockayne Soup, Madara, dan sebagainya, perilisan EP juga paling intense di sekitar tahun 2004-2005. Smemntara Disorder sebagai full album, sempat menyentuh Daily Chart oricon pada posisi ke 3, dan weekly chart hanya mencapai posisi 19 sebagai posisi tertinggi.

6. TOXIC

Gazette TOxic
TOXIC

 

 

Released: 5 October 2011
Number of Tracks: 14
Recommended Tracks: THE SUICIDE CIRCUS, PLEDGE, SHIVER, TOMORROW NEVER DIES

Cukup mengejutkan sebenarnya album ini mendapatkan respon yang kurang dari harapan. Album yang menawarkan perubahan warna musik yang signifikan dari the GazettE ini ternyata masih belum cukup memuaskan dahaga fans pada waktu itu. Padahal menurut saya sendiri album ini cukup menarik (mungkin juga terpengaruh karena album ini adalah album booming yang keluar di awal-awal saya mulai menyukai the GazettE). Nuansa Electronic mulai terasa kental di album ini, diawalai dengan beberapa single yang cukup mengangkat nama album seperti RED, SHIVER, dan VORTEX, album ini juga di notice dengan adanya beberapa ballad yang cukup kuat seperti PLEDGE dan UNTITLED. Namun tetap saja album ini sepertinya masih kurang greget di mata fans.

Jarak dua tahun setelah perlisan DIM, album ini sebenarnya diharapkan bisa membawa rasa the GazettE menjadi semakin kental, namun sepertinya dengan Label Baru, the GazettE ingin mengeksplor musik-musik mereka. Perilisan single-single di awal, membuat album ini sangat dinanti oleh para fans, meskipun masih di luar harapan, pada masa ini the GazettE sudah mempunyai nama besar dan tentu saja penjualan merupakan hal yang sangat mudah dicapai, di minggu pertama nya album ini sudah terjual sebanyak 25,412, penjualan tersebut pun menempatkan TOXIC sempat menyentuh urutan ke 3 di daily Charts Oricon, dan posisi ke 6 adalah posisi tertinggi nya di weekly charts.

5. DIM

dim0001

Released: 15 July 2009
Number Of tracks: 17
Recommended tracks: The Invisible Wall, Guren, 13STAIRS[-]1

Dim adalah Album yang semakin membuat saya penasaran tentang the GazettE pada saat itu. Dengan ramuan ballad yang powerful seperti Guren dan Nakigahara, lalu berputar 180 derajat di lagu-lagu keras seperti HEADACHE MAN atau In The Middle Of Chaos. mungkin akan membuat bertanya-tanya ciri musik seperti apa yang ingin dibawakan the GazettE? album ini cukup mempengaruhi suasana-suasana di album-album berikutnya. Suasana Gelap mulai begitu mendominasi, tak ada lagi lagu-lagu dengan beat punk yang sedikit ceria. Pemilihan bahasa nya pun semakin sulit dicerna. Di tengah-tengah album pun diselipi beberapa interlude dengan suasana dark.

Album ini sendiri sangat terangkat oleh beberapa single yang telah di rilis terlebih dahulu, seperti Guren, Leech dan Distress and Coma. Dan saat perilisannya berhasil terjual sebanyak 37,797 copy pada minggu pertamanya album ini pun berhasil meraih posisi ke 2 di Daily Chart oricon, dan Posisi ke 5 di weekly chart.

4. BEAUTIFUL DEFORMITY

Beautiful Deformity

Released: 23 October 2013
Number of Tracks: 14
Recommended Tracks: FADELESS, LAST HEAVEN, INSIDE BEAST

Jika kalian mengikuti belakangan ini, berarti album ini pasti masih hangat di telinga kalian. Album the GazettE memang tidak ada yang biasa, semuanya di konsep dengan luar biasa. Dan di Album BEAUTIFUL DEFORMITY (yang mungkin bisa diartikan Kecacatan yang Cantik) ini keluar biasaan itu dihadirkan dalam bentuk Cover yang unik, tepatnya pada edisi Limited yang berupa packaging 3 dimensi. Album yang paling muda ini memang dibuat untuk menyuguhkan konsep berbeda. Di materinya pun mencoba sedikit keluar dari “gelap-gelap” an yang disuguhkan di album-album sebelumnya. Di album ini terdapat lagu-lagu bertempo moderate namun tetap dengan sound Heavy, yang bisa membuat kita seakan bergoyang. Album ini sedikit mengingatkan kita di beberapa materi serupa di Album STACKED RUBBISH namun dengan balutan sound yang lebih berkembang.

Karena di tahun 2013 the GazettE sudah mendunia, album ini juga menapaki tangga lagu di berbagai negara, di antaranya posisi ke 3 di iTunes Metal Album Chart Inggris, ke 2 di Finlandia, ke 5 di Perancis, dan di Italia mencapai posisi ke 7. Sedangkan di Oricon Charts album ini mencapai posisi ke 5 sama halnya seperti DIM.

3. NIL

NIL

 

Released: 8 February 2006
Number of Tracks: 12
Recommended Tracks: Shadow VI II I, Taion. Silly God Disco

NIL bisa dibilang album yang melambungkan the GazettE. ini adalah album pertama yang juga dirilis di Eropa. Mempunyai materi-materi yang mungkin sangat populer seperti Taion, SILLY GOD DISCO, hingga Cassis, membuat album ini menjadi favorit bagi sebagian penikmat musik the GazettE. Kelemahan album ini mungkin hanya pada “kesialan” nya dirilis di awal karir the GazettE, kok bisa? karena sepertinya dari sisi kejernihan audio, dan sound yang dihasilkan di Album ini masih dibawah jika dibandingkan dengan album-album setelahnya. Namun entah bagaimana hal itu menjadi ciri khas NIL, dengan balutan cover yang terasa klasik, album ini menjadi ikon album klasik the GazettE.

Album ini berhasil merambah weekly chart oricon pada posisi ke 4. dan sangat terbantu oleh single yang dirilis beberapa bulan sebelumnya yaitu Cassis. Music Video Cassis juga dibuat di Eropa, tepatnya di Austria.

2. DIVISION

0710_SRCL8054-6_KURUMIH1-4_b

 

Released: 29 Agustus 2012
Number of Tracks: 12 (Regular Edition); 14 (Limited Edition, with 3 content in Binding site)
Recommended Tracks: Ibitsu, Derangement, Kago no Sanagi, Gabriel on The Gallows

DIVISION merupakan album dengan konsep terkeren yang pernah di buat the GazettE. Di konsep dalam bentuk Double Album dimana pada Disc pertama berisi materi-materi dengan titel dalam bahasa Jepang dan di Disc kedua berisi Materi dengan titel bahasa Inggris. Album ini juga menjadi album pertama yang dalam perilisannya tanpa didahului single. Jadi setelah perilisan TOXIC, album ini langsung rilis secara full satu tahun kemudian. Materi-materi yang disajikan juga seperti terkesan menyempurnakan TOXIC, pada beberapa materi ada yang begitu kental menggunakan berbagai Effect electronic music. Dan mungkin berkat album ini the GazettE semakin memperlebar jangkauan pendengarnya.

Bertepatan dengan sepuluh tahun the GazettE juga, setelah perilisan album ini, the GazettE melakoni rangkaian tur yang panjang. Album ini juga sempat menduduki Posisi ke 4 weekly Chart Oricon, hal yang kembali dilakukan setelah 6 tahun NIL mampu mencapainya.

1. STACKED RUBBISH

Stacked Rubbish

 

Released: 4 July 2007
Number of Tracks: 14
Recommended Tracks: Filth in The Beauty, Regret, Calm Envy, Agony, Hyena aaaand the list goes on….

Meskipun STACKED RUBBISH dapat diartikan sebagai tumpukan sampah, namun album ini malah menyajikan hal sebaliknya. Materi-materi di Album ini seakan sangat adiktif bagi penikmat musik the GazettE. Berisi genre yang sangat bervariasi, namun terdengar sangat Timeless, sound di album ini seakan merangkum seluruh karya the GazettE dari yang lawas hingga yang terbaru. Di Album ini mereka tidak sedang mencari jati diri musik seperti apa yang ingin mereka mainkan, seperti pada 2 album sebelumnya. Dan juga mereka tidak terdengar monoton, atau malah terlalu banyak bereksperimen seperti pada 4 album setelahnya. Ini adalah kadar album yang Pas untuk the GazettE. Tapi memang mereka harus berkembang dan selalu melakukan hal baru. STACKED RUBBISH akan selalu menjadi STACKED RUBBISH, dan mungkin itu juga yang mereka inginkan.

Dengan didahului 3 Single yakni Regret, Filth in The Beauty, dan Hyena, Album ini mencapai posisi tertinggi di Oricon weekly Chart pada posisi ke 3 lebih tinggi dari album-album yang lain.

Huh,, akhirnya selesai juga long post ini, hehe. Yang pasti bagi kalian bisa mendapatkan referensi bagi yang baru-baru ini menyukai the GazettE, dan buat kalian yang udah lama banget seneng sama band ini bisa nostalgia lagi dengan karya-karya hebat dari 5 pria hebat ini. Dan sebagai catatan list ini juga dipertimbangkan atas beberapa hal, yang paling utama adalah posisi chart mereka di Oricon yang notabene adalah chart penjualan album di Jepang sana, mungkin juga selera musik orang Jepang berbeda dengan kalian jadi list ini mungkin juga akan berbeda jika didasarkan pada referensi dari pendapat kalian. Jadi jika kalian suka the GazettE, dan sudah denger ke tujuh albumnya boleh deh share list kalian sendiri, atau paling tidak sebutin lagu favorit kalian dari band yang satu ini apa? Kolom komen masih kebuka kok, jadi jangan sungkan-sungkan,, hehe oh ya terakhir Sumber artikel ini dicomot dari banyak tempat, yang utama sih Wikipedia ama Youtube, jadi thanks to both site,,

Bonus: teaser buat DOGMA udah keluar dan rasanya GazettE balik ke gelap-gelapan, kira-kira tembus ke nomer berapa ya di Chart kita ini?

  • Akane

    Mestinya, kalo menurut gw, yang 6 itu division.. division inilah yang paling banyak menuai kritik karena di album itu mereka terlalu banyak menaruh sound komputer yang sebetulnya bukan the GazettE banget. Baru toxic yang ke-5. Dan mestinya, dim itu diurutan ke-2 atau ke-3

    • Rekso Waskito

      Wah, iya sih bro, banyak kritik yang menyertai album division, tapi semua album juga pastinya menuai kritik. Emang susah sih memilih album terbaik the GazettE karena overall albumnya keren-keren dan punya konsep yang menarik.
      Yang pasti kenapa division ranked high di chart ini karena konsepnya yang bagus sekali, konsep ini belum pernah dilakukan oleh the GazettE sebelumnya, mulai dari membuat Limited Edition yang terbagi dua, terbagi menjadi menjadi track yang mempunyai judul berbahasa Inggris dan track dengan judul berbahasa Jepang yang cocok banget sama judul albumnya DIVISION, yang berarti bagian. Lalu dari album ini juga muncul artwork-artwork yang luar biasa, mulai dari ciri khas font the GazettE yang baru, lalu photowork dengan dua model cewek yang menjadi ikon DIVISION. Dan selain itu juga peringkat album ini di Oricon weekly chart juga mencapai posisi 4 yang sebelumnya cuma bisa dilakoni oleh NIL dan STACKED RUBBISH yang mencapai posisi 3, karena Chart oricon itu berdasarkan penjualan album, maka ini membuktikan bahwa karya DIVISION masih sangat diterima oleh pecinta the GazettE, dan sebenarnya mereka juga sudah mulai memasukkan unsur electronic ke dalam musik mereka sejak album TOXIC.

      Well tapi musik itu subjektif kok bro, aku juga punya favorit sendiri sebenarnya, tapi chart ini memang benar-benar berdasarkan data dan fakta dari the GazettE. Dan pasti member the GazettE juga punya album favorit mereka sendiri. Dan soal DIM, kabarnya album yang akan muncul DOGMA, bakal mirip-mirip DIM lho.