Kedatangan tahun 2020 menjadi sesuatu yang besar tak hanya karena angkanya cantik 😀 tapi juga pertanda berjalannya satu dekade. Momen yang tentunya besar, dan jadi dipakai sebagai kesempatan untuk membuat list hal-hal TOP dalam dekade ini. Website streaming anime legal Crunchyroll adalah salah satunya, yang memakai kesempatan itu untuk melihat anime Crunchyroll mana yang paling banyak ditonton beragam region di dunia dari 2010 sampai sekarang.

Kita mulai dari region Amerika Utara dan Tengah. Di Utara, Naruto dan Shingeki no Kyojin bertetanggaan banyak ditonton di USA dan Canada. Amerika Tengah lebih beragam, One Piece dengan cocoknya paling ditonton di kepulauan Karibia yang dikenal sejarah banyak bajak laut, dan ada juga Dragon Ball Super dan Boruto, tapi bokap Boruto juga banyak ditonton disitu.

Lalu ke Amerika Selatan, dimana sekilas terlihat Naruto lumayan besar kekuasaannya, tapi sebenarnya itu hanya karena ukuran negara Brazil yang besar, dan Naruto hanya berkuasa di 3 negara disitu. Ada beberapa anime lain macam One Piece, Black Clover, dan Hero Academia juga, tapi penguasa asli Amerika Selatan adalah Dragon Ball SUPER.

Kemudian kita pindah region ke Eropa dan Rusia, yang lumayan menarik karena terlihat tak begitu ada satu anime yang mendominasi. Berbagai anime yang dominan di Eropa tersebar secara merata. Anime One Piece sayangnya gagal mendominasi disini, tapi mereka digantikan oleh anime JoJo Golden Wind, yang lumayan wajar karena memang settingnya di Italia.

Dan pindah lagi ke area Timur Tengah, dimana Naruto sekali lagi muncul dan banyak ditonton di Arab, Pakistan dan sepuluh negara lain, membuatnya juga terpopuler di Timur Tengah. Tapi tak hanya Naruto yang banyak ditonton disitu, dengan Irak dan Iran paling banyak menonton Black Clover, dan Boruto banyak ditonton di Yemen.

Pindah lagi ke benua Afrika, dimana mirip dengan di Amerika Selatan sekilas terlihat Naruto mendominasi, tapi sebenarnya ia nomor 2 di Afrika, karena Black Clover jadi penguasa Afrika dengan paling banyak ditonton di 10 negara benua itu. Tapi ada anime lain juga, dengan Boruto, One Piece, JoJo, dan Boku no Hero Academia.

Bagaimana dengan daerah kita? Mungkin diduga mungkin tidak, tapi Naruto sungguh penguasa Asia, terutama selatan dan tenggara termasuk kita di Indonesia. Tapi yang begitu menarik adalah negara Jepang, dimana anime Crunchyroll yang paling banyak ditonton disitu adalah RWBY yang merupakan anime Amerika buatan Rooster Teeth.

Setelah itu kita ke Australia dan Oceania, dengan Naruto, Black Clover, Hero Academia mendominasi tapi selain itu ada juga judul yang tak ditemukan di reagion lain yang populer di daerah ini, seperti Seirei Tsukai no Blade Dance, Ace Attorney, dan Mob Psycho 100. Dan sebagai penutup, ada penonton anime Crunchyroll juga di Antartika, dan mereka menonton Hunter x Hunter!

Dari data-data tersebut, Crunchyroll melihat kalau anime yang paling banyak ditonton di website tersebut oleh dunia, adalah bokap Boruto!! 😀 Agak wajar melihat Crunchyroll sering mendukung seri itu, dan punya advantage karena umurnya yang tua dan sudah tamat. Selamat Pak Hokage 😉