Walau dikenal berasal dari Jepang, media manga saat ini sudah memiliki level yang begitu luas di dunia. Dunia manga di Indonesia semakin berkembang, dan bisa juga manga luar Jepang diadaptasi jadi anime di Jepang, menunjukkan negara tersebut semakin terbuka dalam industri animanga. Contoh lainnya lagi, akan ada juga nih kontes manga level internasional yang diadakan di Jepang, bernama World Manga Senbatsu.

Kontes manga internasional ini adalah hasil kerjasama antara tiga nama besar. Mereka adalah Manga Kingdom Tosa dari Prefektur Kouchi, Nico Nico Manga milik Dwango, dan servis webmanga Comic Walker dari Kadokawa.

manga senbatsu

Saat ini masih belum banyak info detail yang diberikan. Tapi beberapa point telah diumumkan melalui website Nico Nico. Dan untuk menunjukkan kalau ini memang dibuka untuk mereka yang diluar Jepang, point tersebut juga ditulis dalam bahasa Inggris.

Dikatakan kalau format manga untuk kontes ini adalah dalam bentuk Manga Satu Halaman, yang peserta submit melalui email ke Nico Nico Manga. Tema manga tersebut ditentukan, tapi saat ini belum diberikan.

Dikatakan kalau tema manga kompetisi ini, dan info-info selebihnya, akan diumumkan lagi nanti pada tanggal 5 Agustus. Dalam upacara penutupan dari kompetisi Manga Koushien, Kompetisi Manga Level SMA Nasional Jepang, yang diadakan di Prefektur Kouchi.

Selain itu, dikatakan kalau karya manga para peserta yang telah berhasil memasuki babak final, akan dinilai pada event National Manga Artist Conference ke-5 dalam Manga Kingdom Tosa, yang dijadwalkan pada tanggal 2 dan 3 Maret 2019.

Dan yang keren, tapi menantang dan bikin dagdigdug, adalah para juri yang akan menilai dalam babak final tersebut adalah para mangaka profesional loh. Tapi masih belum diberikan nama-nama para mangaka yang akan jadi juri tersebut.

Dan bagi yang berhasil menjadi pemenang World Manga Senbatsu ini, akan mendapatkan hadiah uang dan undangan untuk ke Manga Koushien. Menarik sekali nih mina-san! Apakah ada yang berminat mau mencoba ikut kompetisi ini? Siapa tahu membuka peluang besar 😉

Comments