Fans animanga Jepang mungkin ada yang bermimpi untuk mencoba membuat manga mereka sendiri. Tentu itu jadi hal yang dapat dilakukan, dan bahkan bisa jadi cerita manga itu sendiri, walau perlu ada tantangan besar dalam bentuk menggambarnya agar bagus dibaca. Tapi baru-baru ini ada kabar menarik, dimana dirilis sebuah App smartphone bernama World Maker, yang dikatakan bisa membantu menggambarkan manga.

World Maker adalah app yang dikembangkan oleh Kayac untuk Shueisha, sang penerbit manga besar negara Jepang yang terkenal sebagai penerbit majalah dan juga manga Shonen JUMP. App yang saat ini masih dalam tahap beta tersebut diluncurkan oleh Shueisha sebagai bagian dari platform manga digital resmi Shonen JUMP+

Tujuan dari Shueisha melalui app tersebut adalah untuk membuka pembuatan manga untuk dapat dilakukan oleh siapapun yang memiliki smartphone atau tablet, dan juga untuk mencari talenta mangaka terbaru melalui kontes.

Dengan hampir setiap orang apalagi fans animanga saat ini memiliki smartphone, app tersebut terasa bisa membuka peluang yang besar dan luas. Walau memang tidak dikatakan apakah app tersebut nantinya juga akan dirilis dalam berbagai bahasa lain untuk mereka yang tidak bisa bahasa Jepang juga bisa memakainya.

Dalam versi beta dari app World Maker tersebut, user dapat membuat sebuah manga pendek melalui pengajaran yang dibuat untuk bisa dimengerti semudah mungkin dalam beberapa tahap. Pertama membuat dialognya, kedua memilih karakter, ketiga memilih background, dan seterusnya hingga manga tersebut jadi, dan masing-masing tahap memiliki banyak sekali pilihan template.

Dan bicara soal kontes untuk cari talenta baru diawal tadi, untuk merayakan perilisan beta app tersebut diumumkan sebuah kontes bernama World Maker Name Award yang akan berjalan sebulan dari 8 September sampai 8 Oktober nanti.

Kontes tersebut akan dihakimi oleh Oishi Romy mangaka Lockdown Zone dan Usazaki Shiro mangaka Engan no Cyclops, dan pemenangnya akan diumumkan pada bulan Desember yang akan dapat hadiah uang sebesar 300.000 Yen dan kesempatan difiturkan pada Shonen JUMP+.