Halo para Akiba-kei dan Akiba-chan. Minggu lalu bisa dibilang adalah minggu yang membanggakan bagi negara Indonesia, terutama untuk bidang seni dan fashion. Kenapa? Karena ada dua event besar yang menyorot dan memuji kekerenan fashion dari Indonesia. Ada event Olimpade Rio 2016. Dimana dalam pembukaan Olimpiade Rio, baju dan seragam perwakilan negara Indonesia banyak dipuji oleh para penonton Internasional.

Membanggakan memang. Tetapi ini adalah website Akibanation, website berita seputar Jejepangan. Jadi setelah event global dari Brazil itu, kita pindah ke bagian utama dari artikel ini, dalam event besar di Jepang dimana Indonesia juga menjadi sorotan.
World Cosplay Summit 2016, yang diadakan di kota Nagoya.

wcs1

Awards and Finals

Ada beberapa kejutan dalam event World Cosplay Summit tahun ini. Cosplayer yang mewakili negara Indonesia adalah Rian Cyd dan Frea Mai. Zainal Naru dan Echow Eko juga datang bersama mereka. Pada hari pertama, tim negara Indonesia berhasil meraup dua penghargaan! Alumni Award dan NicoNico Award, dan memasuki final WCS 2016. Selain itu wakil Indonesia untuk Karaoke Grand Prix, Esteracia Sei juga berhasil membawa pulang Special Award! Luar biasa sekali.

wcs3

wcs2

Pada hari kedua, Tim Indonesia mendapat menghargaan yang lebih berharga lagi. Karena selain berhasil tampil di final. Mereka juga memenangkan penghargaan World Cosplay Summit 2016 Champion! Duh keren banget dah.

world cosplay summit 2016 winner

wcs5

P.S. Photos from Echow Eko’s Facebook.

But Wait! There’s More

TAPI ada kabar lain lagi untuk para otaku, terutama untuk fans Mecha anime. Karena dalam event World Cosplay Summit 2016 itu juga dirilis teaser trailer untuk sebuah seri anime original baru. Anime itu di streaming oleh Bandai Visual. Yang diproduksi oleh World Cosplay Summit itu sendiri. Sebuah anime mecha berjudul ID-0. Dan banyak nama besar dalam genre sci-fi mecha anime yang terlibat dalam projek ini.

Seperti Taniguchi Goro sebagai sutradara. Nama yang sudah banyak terlibat dalam banyak anime Mecha dan sci-fi seperti Code Geass, Planetes, S-CRY-ed. Kuroda Yousuke sebagai supervisor dan penulis naskah. Ebikawa Kanetake sebagai mechanic character designer, dengan Katagai Fumihiro, Takakura Takeshi, dan Yanase Takayuki sebagai mecha designer. Kato Hiromi mengadaptasi desain karakter dari Murata Range, dan Shirato Seiichi sebagai researcher. Studio Sanzigen yang menganimasikannya.

Wah sampai ada researcher segala. Dan banyak desainer mecha pula, dan “mechanic character”. Apa maksudnya juga ada karakter android gitu ya?
Dan kebetulan yang keren ya, karena trailer anime ID-0 ini dirilis saat “InD0nesia” menang WCS 2016 😀

Maju Terus Cosplayer Indonesia 😉

  • Ahsan Aminudin

    Selamat ya… saya punya videonya