Seri animanga Death Note walau ada Death pada namanya tapi ironisnya hampir tiada matinya, dengan meskipun telah tamat lumayan lama tapi begitu dikenang dan masih bisa merilis projek baru sampai sekarang. Dan ternyata hal itu juga tetap akan berlanjut untuk tahun 2021 nanti, dengan dikabarkan kalau ada buku manga Death Note baru yang dijadwalkan untuk dirilis pada pertengahan Winter 2021 nanti!

Death Note adalah manga karya Ohba Tsugumi dan Obata Takeshi yang diserialisasikan di majalah manga Shonen JUMP dari tahun 2003-2006. Mengisahkan seorang remaja genius bernama Yagami Light yang suatu hari mendapatkan buku Death Note yang dijatuhkan oleh malaikat kematian, Ryuk,.

Buku tersebut memiliki kekuatan spesial dimana nama orang yang dituliskan pada halaman buku itu jadi mati. Light memakai buku itu untuk “menegakkan keadilan” dengan membunuh para penjahat. Tapi aksinya itu jadi membuat para pihak polisi dan seorang detektif terkenal bernama L jadi ikut terlibat dan mengejarnya.

Kisah Death Note yang termasuk gelap untuk manga Shonen JUMP dan isi ceritanya yang sering melakukan permainan otak membuat manga tersebut jadi sangat populer, dan itu membuatnya mendapatkan adaptasi anime yang dibuat oleh studio Madhouse.

Dan popularitas tersebut juga panjang umur, dengan walaupun manga itu telah tamat belasan tahun lalu, masih bisa ada berbagai projek dari seri itu. Contohnya adalah berbagai adaptasi film live-action, yang tak hanya dari Jepang tapi juga Hollywood.

Dan yang terbaru adalah sebuah projek manga sequel baru yang dibuat lagi oleh Ohba dan Obata dalam bentuk one-shot. Manga tersebut pertama dipamerkan akhir 2019 lalu dalam eksebisi perayaan 30 tahun karir Obata Takeshi, dan kemudian diterbitkan jadi bentuk manga tulen yang dirilis dalam majalah manga JUMP SQ pada bulan Februari 2020 kemarin.

Tapi seperti yang dikatakan diawal, muncul kabar kalau akan ada projek manga Death Note baru lagi yang diumumkan oleh Shueisha dan masih ditangani Obata dan Ohba. Tak diberi info mengenai apa ceritanya, tapi judulnya adalah Death Note Tanpenshuu yang berarti Side Story Collection. Manga tersebut dijadwalkan untuk dirilis tanggal 4 Februari 2021 nanti.