Senjata fiksi atau fantasy dari berbagai game atau animanga saat ini bisa direalisasikan menjadi benda fisik yang nyata, baik itu oleh fans dan cosplayer ataupun perusahaan spesialisasi merch macam itu. Atau, jika senjata itu berupa katana, bisa juga dibuat oleh seorang pandai besi yang master pembuat katana asli. Seperti dalam kabar yang satu ini, yang melahirkan pedang Sakabato nyata dari animanga Rurouni Kenshin!

Pedang Sakabato mungkin salah satu katana dunia animanga yang paling dikenal, berkat ketenaran dari seri Rurouni Kenshin. Katana unik dengan sisi tajamnya justru berada pada sisi belakangnya. Merefleksikan bagaimana Kenshin berhenti menjadi seorang Hitokiri dan menebus masa lalunya.

Pedang tersebut kemungkinan besar sesuatu yang fiksi, dan nyatanya mungkin tak pernah ada, tapi setidaknya kini pedang fiksi itu telah dibuat menjadi pedang fisik nyata, yang dipertunjukkan di kompleks Meijimura, yang terletak di Inuyama, di Prefektur Aichi, dimana disitu sedang dibuka eksebisi Rurouni Kenshin sampai tanggal 15 Desember.

Sakabato asli, atau diberi nama Sakabato Shinuchi (asli ditempa), tersebut dibuat oleh pandai besi ahli bernama Ogawa Kanekuni. Sang pandai besi mengatakan kalau ia tak pernah baca atau nonton animanga Kenshin, tapi karena ia diminta, maka layaknya seorang profesional ia tetap mengerjakannya dengan serius.

Dan hasilnya memang mantap. Ogawa melihat-lihat gambar-gambar 2D Sakabato dari animanga Kenshin sebagai referensi, dan menentukan bagaimana bentuk pedang tersebut jika dijadikan pedang nyata.

Bagian yang sulit dikatakan olehnya adalah pada bagian shinogi atau garis punggung, yang pada katana normal berhenti sebelum titik ujung, tapi tidak pada Sakabato yang garisnya terus sampai keujung pedang.

Dan ada yang keren lagi dari pedang Sakabato asli/Shinuchi ini, karena pedang tersebut dipajangkan tanpa pegangan, karena pada bagian itu ada tanda keren selain tulisan nama Ogawa sang pembuat katana tersebut, yang menunjukkan betapa faithful pembuatan pedang itu pada materi originalnya. Yaitu tulisan nama pandai besi yang membuat Sakabato original di animanga Kenshin, Arai Shakku.