Mina-san yang tahu negara Jepang dan atau fans animanga pasti sudah tahu atau pernah dengar nama daerah ini. Akihabara. Lokasi tersebut bisa dibilang layaknya hot spot bagi fans animanga dan elektronik saat ini. Dan dengan cocoknya itu juga jadi nama website ini 😉 Akibanation, yang berasal dari nama pendek Akihabara. Tapi mungkin ada yang agak penasaran, kenapa AkiHabara, tapi begitu dipendekkan namanya malah AkiBa?

Memang kalau dipikir lagi agak aneh, karena nama Akihabara terdiri dari Aki Ha dan Bara, dengan kata Akiha bisa berarti daun musim gugur. Tapi kenapa yang ada malah AkiBa bukannya AkiHa? Nah untuk tahu alasannya, kita perlu menjelajah waktu ke zaman dahulu, ketika ibukota negara Jepang bernama Edo.

Pada zaman dahulu di Edo, sering sekali terjadi kebakaran, dan ini bukan kebakaran kecil-kecilan, tapi berukuran besar. Dan karena itu, orang-orang yang mati karena kebakaran bisa mencapai ratus ribuan. Ini sampai membuat Edo dikenal dan diberi julukan Kota Api.

Masalah api yang besar dan sering tersebut membuat Pemerinah memutuskan untuk mencoba membangun area yang Anti Api. Dan dengan cocoknya, area tersebut dinamai Chinkabara, dengan kanji kata Chin Ka memiliki arti Api Padam.

Dan jika mina-san ada yang menebak dari kata Hara disitu kalau area tersebut adalah prototype atau pendahulu dari Akihabara, maka anda benar 😉 tapi kita masih belum selesai. Perlu ada penjelasan lagi, kenapa dari Chinka bisa jadi Akiba.

Mengingat negara Jepang masih memiliki Kepercayaan akan Dewa yang kuat pada saat itu, mereka kemudian seperti menambah asuransi gaib untuk melindungi area tersebut dari api. Yaitu dengan memindahkan Kami atau Dewa Penenang Api yang awalnya ada di Shizuoka ke kuil disitu.

Karena kuil tersebut ada di Chinkabara, kuil itu suka diberikan nama Chinka Jinja, akan tetapi kadang kuil tersebut dipanggil dengan nama sang Kami Penenang Api yang berdiam disitu. Nama Kami tersebut, adalah Akiba Daigongen, dan itu membuat kuil tersebut memiliki nama lain, Akiba Jinja.

Naaah itulah dia mina-san 😉 Kami tersebut adalah sumber nama pendek Akihabara. Dan sedikit penutup, daerah tersebut suka selang-seling antara nama-nama tersebut. Kadang disebut Chinkabara kadang Akiba, kadang lagi digabungkan jadi Akibappara, dan juga Akihabara. Sampai akhirnya ditahun 1890, nama Akihabara dipilih menjadi nama resmi modernnya. Tapi seperti yang dilihat, sebutan Akiba tetap saja menempel sampai sekarang.