Negara Jepang terkenal sebagai masyarakat yang homogen. Tapi dengan semakin globalnya dunia ini dan terhubungnya Jepang dengan negara-negara lain, mulai muncul juga orang-orang Jepang yang berdarah campuran. Salah satunya adalah pemain tenis wanita Osaka Naomi. Hal itu tapi kadang memberi hal yang tak mengenakkan seperti membuat warna kulitnya diejek, tapi netizen salut padanya karena Osaka menanganinya dengan cerdik sekali.

Bagi yang mungkin belum begitu kenal, Osaka Naomi adalah pemain tennis yang mewakili negara Jepang dengan prestasi yang mengagumkan. Ia berdarah campuran dengan ibunya yang orang Jepang dan ayahnya yang orang Haiti-Amerika.

Campuran tersebut membuatnya memiliki wajah yang seperti ibunya yang orang Asia, tapi dengan warna kulit yang tidak berwarna pucat seperti orang Jepang umum, dimana ia mewarisi kulit dengan warna kearah coklat gelap dari ayahnya.

Dan warna kulitnya itu dijadikan subjek humor oleh duo komedian A Masso beberapa hari lalu. Dimana ada pertanyaan “Apa yang diperlukan Osaka Naomi?” yang dijawab “Pemutih, karena kulitnya terlalu coklat gosong” dan candaan tersebut mendapatkan respon yang negatif dari netizen karena nadanya yang rasis, membuat management komedian tersebut memohon maaf.

Tapi saat orang-orang lain triggered akan candaan itu, Osaka Naomi sendiri diam dan tak memberi respon. Mirip dengan saat iklan anime Prince of Tennis yang juga kena masalah karena menampilkan Naomi tapi dengan warna kulit putih pucat seperti orang bule.

Osaka Naomi sendiri tapi pada akhirnya terlihat tak begitu ada masalah dengan seri Prince of Tennis, dengan setelah iklan anime itu dihapus dan selesai masalahnya, ia memberi Tweet mengatakan Echizen adalah husbandonya. Lalu bagaimana dengan candaan A Masso tersebut?

Kemarin-kemarin Osaka reTweet berita permohonan maaf A Masso dan memberikan respon, dimana ia mengatakan “coklat gosong? LOL tak tahu ya kalau berkat Shiseido Anessa Perfect UV sunscreen, kulit saya jadi tidak terbakar matahari 🙂 🙂 🙂 ”.

Ya, Osaka bukannya marah, tapi memakai kesempatan untuk marketing dengan membuat iklan produk Shiseido Anessa, yang memang mengangkatnya jadi brand ambassador sejak 2018 lalu. Respon yang dipuji dan disaluti oleh netizen cerdik karena memakai kesempatan dalam kesempitan dan tidak marah frontal. Jadi mau coba beli produknya juga nih 😀