Hai hai lagi lagi ketemu lagi bersama saya hahah jangan pada bosen ya Readers karena saya hadir membawa sejuta info bermanfaat dari yang opini sampai fakta-fakta menarik sekitar Jepang, oke hari ini saya akan berbagi info tentang hal yang wajib kamu tau tentang “Onsen” yak Kalau kita bahas tentang jepang pastinya juga ga lepas dari hal yang satu ini oke langsung saja kita ke TKP!.

OnsenΒ  adalah istilah bahasa Jepang untuk sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Penginapan yang memiliki tempat pemandian air panas disebut penginapan onsen (onsen yado). Kota wisata yang berkembang di sekeliling sumber air panas disebut kota onsen.

Sumber air panas memiliki dua sumber panas, magma yang berada di dasar gunung berapi, dan panas yang bukan dari gunung berapi. Jenis mineral yang dikandung air menyebabkan perbedaan warna air, bau, dan khasiat mandi dengan air panas tersebut.

Menurut definisi Undang-Undang Onsen Jepang, walaupun suhunya tidak tinggi, istilah onsen juga digunakan untuk air dari mata air dengan kandungan mineral yang berbeda dari air biasa, dan berasal dari sumber air yang mengeluarkan gas. Sumber air panas bisa berupa air tanah yang dipanaskan oleh panas bumi atau dipanaskan manusia dengan sumber panas. Air panas bisa keluar secara alami dari dalam tanah, atau keluar setelah dibor manusia.

Onsen 1
Onsen 1

“Ada mekanisme fisiologis menjaga suhu tubuh hangat saat berendam di Onsen. Air panas Onsen berbeda dengan air panas lainnya, tak heran ratusan juta orang Jepang datang ke Onsen tiap tahun. Contohnya tahun 2010 saja, ada 128 juta orang yang berendam di Onsen,”
Onsen sudah menjadi salah satu kebudayaan dan ciri khas orang Jepang sebagai rileksasi dan penghilang stress. Siapa saja berendam di pemandian air panas tersebut, baik anak muda sampai orang tua.
“Onsen juga mengajarkan satu hal, bahwa tiap orang yang berendam di Onsen adalah sama kedudukannya. Sebab, mereka sudah melepas semua pakaian yang seolah menjadi kebesaran dan harta bendanya,”.

Asal tahu saja, orang-orang yang mau berendam di Onsen secara tradisi harus melucuti semua pakaian alias harus bugil. Mengapa begitu? Sebab jika ada orang yang berendam di Onsen dengan memakai pakaian, dikhawatirkan bakteri di pakaiannya bisa menyebar di kolam dan membuat airnya jadi kotor. Tapi tenang saja, kini pihak pengelola Onsen menyiapkan handuk khusus untuk berendam.

Onsen-10
Onsen biasanya berada di kawasan pegunungan, di sekitar pegunungan, di bawah kaki gunung, atau di tepian pantai. Bentuknya hanya berupa kolam yang luas dan bukan merupakan tempat berenang. Ingat, Onsen hanya jadi kolam berendam saja!

Hingga kini, diperkirakan ada 3.000 onsen yang tersebar di berbagai tempat di Jepang, baik di tempat wisata atau di resor dan hotel. Onsen pun menjadi salah satu kegiatan wisata untuk turis yang sayang dilewatkan kalau Anda liburan ke Jepang.

Fakta yang menarik seputar Onsen, tahukah Anda kalau Japanese Mazaques (Macaca fuscata) atau biasa disebut monyet salju di Jepang juga suka berendam di Onsen. Mereka bakal mencari Onsen di sekitar pegunungan untuk menghangatkan badan pada musim dingin atau tepatnya bulan Desember sampai Maret.

Salah satu tempat terbaik melihat monyet salju bersantai di Onsen adalah di Jigokudani Monkey Park. Para ilmuwan meyakini, perilaku monyet salju tersebut sudah berlangsung berabad-abad yang lalu.

Bliss
Onsen MonkeyPark

Nahh itulah beberapa hal menarik tentang “Onsen” berminat mencobanya?? silahkan tapi jangan lupakan hal-hal diatas ya πŸ˜€
Sampai jumpa ditopik selanjutnya….! Sayonara !!