Baru-baru ini dunia entertainment mendapatkan sebuah berita duka akan seorang legenda. Ia adalah seorang penulis komik dan editor asal Amerika, tapi meskipun begitu kontribusinya dan popularitasnya sangat besar, bahkan sampai ke negara Jepang juga. Seorang pria yang akan muncul dalam pikiran ketika membicarakan genre Superhero, yang telah membantu menciptakan banyak pahlawan super, Stan Lee.

Stan Lee atau nama lengkapnya Stanley Martin Lieber. Ia sebelumnya menjadi editor, kemudian penerbit, dan kemudian chairman dari Marvel Comic, dan salah satu yang menaikkan nama penerbit komik tersebut sampai menjadi perusahaan multimedia yang terkenal di seluruh dunia.

Yoshiki & Stan Lee @ Golden Globe Award

Rasanya berusaha menuliskan karya superhero populer yang telah mendunia berkat keterlibatannya takkan cukup dalam satu artikel ini. Dari Spiderman, Ironman, Captain America, X-Men, Deadpool, dan masih banyak lagi.

Dan ia tak hanya terlibat dalam dunia komik. Dengan perannya sebagai produser dalam berbagai adaptasi karakter superhero Marvel, dan juga tampil sendiri sebagai cameo dalam beragam film Marvel, terutama dalam Marvel Cinematic Universe.

Ia juga tak hanya aktif di Amerika. Dunia animanga dan Jepang juga sudah beberapa kali melibatkan namanya. Seperti saat Marvel bekerja sama dengan Toei untuk membuat seri live-action Spiderman versi Tokusatsu yang juga dipuji oleh Stan Lee, dan ada juga adaptasi manga Spiderman klasik.

Dan masih ada yang lain lagi yang berupa projek non-Marvel. Ia juga terlibat dalam manga Karakuridouji Ultimo, yang dibuat olehnya bersama mangaka Shaman King, Takei Hiroyuki. Ia juga bekerja sama membuat anime superhero; Heroman bersama Studio BONES, dan The Reflection bersama Studio DEEN.

Sungguh disayangkan kita takkan melihat cameo dari Stan Lee ini, yang sudah bagaikan tradisi dalam film Marvel. Seperti yang telah dikatakan, Stan Lee telah meninggal, pada tanggal 12 November 2018 diumurnya yang ke-95 tahun di Cedars-Sinai Medical Center di Kota Los Angeles.

Selamat jalan Pak Stan Lee, terima kasih telah membantu melahirkan berbagai karakter pahlawan yang walaupun fiksi tapi tetap bisa memberikan semangat dan inspirasi bagi banyak orang dalam dunia nyata.

Comments