Dunia Virtual Youtuber masih sangat besar saja di Jepang, dan tak mengherankan kini trend tersebut juga tersebar ke negara luar, walau ukurannya masih tidak begitu besar dibanding Jepang. Tapi mungkin Vtuber bisa semakin tenar dan diketahui oleh luar, karena baru-baru ini dikabarkan kalau beberapa bintang Virtual Youtuber macam Vtuber Kizuna Ai dan lain-lain lagi, akan tampil di Hollywood dalam event Saturn Award.

Saturn Award adalah acara penghargaan tahunan yang diadakan di Amerika Serikat. Penghargaan tersebut dipersembahkan oleh Akademi Film Sci-fi, Fantasy, dan Horror, yang telah diberikan sejak tahun 1973.

Walaupun pada awalnya penghargaan tersebut fokus untuk film dengan genre-genre tersebut, sekarang Saturn Award telah bertumbuh dan meluas, dan memberi penghargaan pada film dan acara TV genre fiksi lainnya.

Acara penghargaan tersebut akan diadakan yang ke-45 kalinya dalam minggu ini pada tanggal 13 September, yang dilakukan di Avalon Hollywood. Dan dalam acara konferensi pers yang diadakan baru-baru ini diumumkan ada sampai 9 Virtual Youtuber yang akan hadir dalam acara tersebut.

Dikatakan kalau para virtual Youtuber tersebut akan muncul pada “kotak hologram” yang dipasangkan pada venue acara tersebut. Kemunculan mereka adalah untuk mempromosikan budaya virtual negara Jepang kepada orang-orang macam sutradara dan aktor dan lain-lain lagi yang hadir dalam event tersebut.

Dengan acara besar macam itu, wajar melihat sang virtual Youtuber pertama dan juga virtual Youtuber nomor satu dan terpopuler saat ini, Kizuna Ai, ikutan tampil. Ai-chan sendiri pernah terlibat dengan Hollywood membantu promosi film action sci-fi Battle Angel Alita dengan mewawancarai beberapa aktornya.

Lalu ada juga beberapa Vtuber Top lainnya, seperti Vtuber terpopuler nomor 2 dan 4, Kaguya Luna dan Dennou Shoujo Siro. Selain itu ada juga Vtuber Kimino Miya, Tokino Sora, Shirakami Fubuki, dan dua Vtuber pria, Nanase Taku dan Virtual.

Dan untuk membantu dalam hal translasi bahasa, ada Virtual Youtuber Amerika Serikat yang berasal dari Los Angeles, Asobi Rin! Yang juga memberikan perkenalan para virtual Youtuber asal Jepang itu kepada orang-orang di venue.