Virtual Reality sedang lumayan marak saat ini, apalagi dalam dunia game dan industri animanga. Dan memang berbagai hal bisa dipakaikan VR untuk menambah imersi dan memberi pengalaman yang unik. Dari menaiki mecha sampai dating dengan Hatsune Miku atau menikah dengan karakter eroge. Tapi baru-baru ini ada VR yang sangat unik, yaitu sebuah VR funeral yang perlihatkan proses pemakaman secara 1st person oleh Wonderful Motion.

Dan yang dimaksud dengan kata 1st person disitu, adalah yang menonton VR tersebut berada pada posisi sebagai jasad yang akan dimakamkan! Jadi mina-san bisa melihat bagaimana sebuah jasad dirawat sampai diupacarakan dan akhirnya ditutup peti melalui VR tersebut.

VR yang kreatif dan agak bikin merinding ini dibuat oleh perusahaan Wonderful Motion dan mereka membuatnya dalam bentuk video 360 derajat yang dirilis di Youtube. Jadi walau tak punya alat VR tetap bisa juga menontonnya melalui layar komputer atau smartphone.

Tapi bukan hanya Wonderful Motion yang terlibat, karena dibuatnya video VR tersebut adalah sebagai iklan perusahaan Haruka Ending Support, yang namanya dapat terlihat dalam video itu jika mina-san benar-benar scroll sudut pandangnya benar-benar sampai kebawah, seperti kartu nama.

Sesuai dengan kata Ending Support, mereka memiliki bisnis dalam mengadakan upacara pemakaman. Dan alasan mereka membuat iklan unik memakai video VR tersebut adalah supaya orang-orang dapat melihat bagaimana proses yang dilakukan oleh perusahaan Haruka dalam menangani jasad dan juga pemakamannya.

Video tersebut dibuka dengan pegawai perusahaan Haruka menjawab telepon permintaan jasa pemakaman, yang kemudian lompat kebagian saat jasad ditransport memakai mobil. Kemudian jasad tersebut diberikan make-up untuk upacara.

Terlihat kesopanan para staff yang terlibat, dari saat jasad sampai sampai make-up dan kemudian dengan hati-hati diletakkan kedalam peti. Kemudian adalah upacaranya, dengan seorang biksu yang melakukan upacara membacakan doa.

Kemudian acara sebelum penutupan peti, dengan para staff meletakkan bunga-bunga dalam peti dan dikatakannya kata-kata terakhir, sebelum kemudian peti tersebut ditutup, mengakhiri video tersebut. VR yang memang unik ya mina-san, bisa memberikan sedikit pengetahuan akan bagaimana upacara pemakaman dilakukan di Jepang.