Belum lama ini, fans Vocaloid baru saja menyambut kedatangan ‘idola’ baru. Iya, setelah penantian panjang akhirnya Vocaloid UNI (yu-ni) resmi dirilis pada Februari 2017 lalu. UNI merupakan Vocaloid berbahasa Korea kedua setelah SeeU. Hadirnya Vocaloid UNI ini seakan menjadi udara segar setelah kabar buruk eksistensi SeeU yang sempat mengguncang industri musik Vocaloid dunia.

Masih segar di ingatan kita akan kasus yang membawa artis cantik sekaligus voice provider dari Vocaloid SeeU, Kim Dahee, masuk ke dalam hotel prodeo. Tahun 2014 lalu, dunia hiburan Korea sempat dikejutkan dengan kasus pemerasan uang yang dilakukan Kim Dahee atas aktor kenamaan Lee Byung Hyun. Kasus ini berujung pidana kurungan selama dua tahun penjara. Peristiwa ini membuat banyak pihak kecewa, baik itu fans Kim Dahee dan grupnya, GLAM, maupun fans Vocaloid SeeU. Mereka menyayangkan kasus ini karena seluruh kegiatan dari Dahee dan GLAM menjadi sirna. Begitu pula dengan rencana pengembangan Vocaloid SeeU yang akhirnya batal dirampungkan. Meski demikian, SeeU masih tetap eksis hingga saat ini.

Sebagai reinkarnasi Vocaloid berbahasa Korea, UNI hadir dengan desain karakter yang manis dengan balutan warna pink. Desain karakter hasil duet ilustrator K170 dan OSUK2 ini memang sangat seksi dan menggambarkan seorang remaja dengan rentang usia 18-20 tahun.

vocaloid UNI

Suara UNI pun terdengar lebih jernih. Artikulasinya lebih baik jika dibandingkan dengan SeeU. Untuk karakter suaranya, UNI memiliki suara lebih kuat dan memiliki range suara yang cukup tinggi.

Sebelum hari perilisannya, ST MEDiA sebagai developer Vocaloid UNI merilis beberapa lagu demo di akun Youtubenya. Berikut salah satu lagu demo berjudul Jakbyeol Countdown karya WyvernP, yang sekaligus memperlihatkan pemakaian dynamics, pitch, breath dan growl pada Vocaloid 4 Engine.

Hingga saat ini, belum diketahui siapa voice provider dari Vocaloid UNI. Kabarnya pula, ST MEDiA juga akan merilis versi append dan voicebank berbahasa Inggris pada tahun ini. Kita doakan saja semoga proses produksinya lancar, ya! Akiba-chan dan akiba-kei juga tidak sabar ingin mendengarnya juga, bukan? 😀

Untuk harga, laman Vocaloid News melampirkan detail harga untuk per voicebank-nya saja seharga ₩124,000 KRW atau sekitar Rp1,425,000 IDR dan untuk starter pack-nya seharga ₩234,000 KRW atau sekitar Rp2,690,000 IDR.

Masih penasaran juga? Akiba-chan dan akiba-kei bisa mengunjungi website resminya atau subscribe ST MEDiA di Youtube, Facebook maupun Twitternya, ya!

Comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here