Saat ini mungkin tak ada yang tak tahu kata Vtuber atau Virtual Youtuber. Konsepnya yang begitu unik membuat youtuber dalam format tersebut jadi menarik perhatian, dan semakin lama konsep itu semakin populer, dan jumlahnya semakin banyak saja. Tapi awal tahun 2018 ini, Virtual Youtuber mencapai titik kepopuleran yang begitu besar, membuat terjadinya Vtuber Booming, dengan jumlah pengguna barunya naik 500 dalam setengah bulan. Gile bener….

Ya, jumlah yang begitu banyak dalam waktu yang begitu cepat. Memang dikatakan klau jumlah Vtuber telah menunjukkan kenaikan pesat dari bulan Desember lalu, tapi menurut website Vtuber Ranking dari User Local, dikatakan kalau ada kenaikan yang begitu besar dari tanggal 27 Februari sampai tanggal 18 Maret kemarin.

Ada kenaikan lebih dari 500 Virtual Youtuber baru yang teregistrasi dalam kurun waktu tersebut. Menaikkan jumlah Virtual Youtuber yang tadinya 500an menjadi lebih dari 1.000 Virtual Youtuber. Kenaikan yang sulit dipandang sebelah mata.

Tak begitu mengherankan juga jika melihat berbagai kesuksesan dari Virtual Youtuber paling terkenal, Kizuna Ai, bisa menggoda banyak orang untuk mencoba melakukannya. Kita sudah melihat berbagai kabar seru darinya, mulai dari dibuatnya photobook official pertamanya.

Kemudian sampai dibuat merchandize dalam bentuk figure dan figma, dan Nendoroid juga sedang dibuka Pre-order. Sampai ia juga menjadi ambasador untuk mengundang wisatawan Amerika ke Jepang, dan yang terbaru, sampai menjadi pengisi suara anime Mahou Shoujo Site.

Tak dapat dipungkiri kalau Ai-chan bagaikan Ratu Vtuber. Yang dapat dilihat juga pada posisinya dalam list Virtual Youtuber Ranking. Dimana ia tak hanya mencapai posisi Top 5, tapi ia berhasil meraih posisi teratas DAN juga posisi kedua. Dengan posisi pertama adalah channel Ai-chan biasa dan yang kedua adalah channel miliknya untuk gaming.

Tapi walau mendominasi, bukan hanya Ai yang masuk. Dalam posisi ketiga adalah Kaguya Luna, yang juga diumumkan akan dibuat jadi Nendoroid. Keempat adalah Mirai Akari, yang jika mina-san ingat, “muncul” dalam foto dan video JAV buatan TMA bersama Luna dan Ai.

Dan pada posisi lima adalah Dennou Shojo Shiro, yang awalnya adalah karakter mobile game Shoujo Heiki Taisen buatan Appland yang tak dirilis, sebelum kemudian Appland menjadikannya sebagai Virtual Youtuber.