Teknologi yang dipakai dalam dunia animanga dan game semakin berkembang dan semakin menarik saja di Jepang. Kita sudah melihat contohnya pada hal macam VR dan Vtuber, yang semakin booming saja. Dan kali ini ada lagi contoh menarik lain yang juga memakai teknologi semacam itu. Dengan seri Sword Art Online yang memakai avatar karakter virtual Asuna sebagai digital spokeswoman SAO.

Program Virtual Asuna ini benar-benar terlihat layaknya anime, dan itu berkat motion graphic yang memakai program Live2D. Software yang dapat membuat gambar 2D bergerak layaknya anime. Dan tentu, karena ia spokeswomen alias juru bicara, ia dapat bersuara, dan tentu juga disuarai oleh seiyuu Tomatsu Haruka seperti biasa.

Dan sebagai seorang juru bicara, fungsi dari virtual Asuna ini adalah untuk berbicara memberikan pengumuman mengenai seri Sword Art Online, seperti misalkan merch atau mungkin event. Tapi ada juga satu hal unik lagi dari juru bicara virtual Asuna ini. Ia dapat terhubung dengan penonton.

Dikatakan kalau penonton dapat memberi request kepada Asuna, dan dari situ mereka dapat menentukan apa yang akan dikatakan atau dibicarakan oleh Asuna, apa yang akan dilakukannya, dan bahkan sampai apa pakaian yang dikenakannya!

Tapi untuk melakukan ini fans perlu melalui sosmed Twitter, yang nantinya bisa terhubung ke Twitter official seri Sword Art Online. Dan juga perlu memasang hashtag bertuliskan #宣伝隊長アスナへリクエスト jikalau fans ingin request mereka dapat dibaca olehnya.

Yang menarik lagi, dikatakan kalau program Virtual Asuna ini bisa berjalan mirip dengan A.I. karena ia dapat mengeluarkan respon baru berdasarkan input yang masuk terus menerus dari user. Jadi ini membuat Virtual Asuna belajar melalui interaksi seperti dari request tadi.

Ini membuat Virtual spokeswomen Asuna terasa seperti Virtual Youtuber, tapi yaa bedanya ia tidak melakukan lets play seperti Vtuber pada umumnya. Ia juga memang telah mengeluarkan video perkenalan dirinya di Youtube, tapi sayangnya video itu tak bisa ditonton diluar region Jepang. Yorokobee fans Asuna 😉 walau bukan top heroine lagi tapi mungkin bisa jadi juru bicara top 😀

Comments