Beberapa negara sedang dalam proses melakukan vaksinasi virus Covid-19, termasuk di Indonesia yang juga telah dilakukan oleh Pak Presiden Joko Widodo. Tapi menariknya, negara Jepang belum melakukannya, dengan kemarin-kemarin Perdana Menteri Suga mengatakan mereka baru akan melakukan vaksinasi pada pertengahan bulan Februari ini. Dan kini diumumkan update yang mengatakan kalau vaksinasi itu direncanakan untuk dimulai minggu depan.

Negara Jepang termasuknya tak separah berbagai negara lain dalam menghadapi coronavirus, tapi mereka tetap serius menanganinya sejak tahun 2020 kemarin. Dan tahun baru ini hal itu masih  terlihat dengan kenaikkan angka kasus positif dari akhir tahun 2020 kemarin membuat negara Jepang memutuskan untuk memasuki masa darurat coronavirus lagi.

Dan dengan perubahan yang masih belum begitu bagus, membuat masa darurat itu diperluas dan juga diperpanjang lagi sampai Maret. Hal yang sayangnya berefek samping juga membuat berbagai perilisan dan event animanga jadi diundur atau batal dan berbagai tempat umum seperti taman rekreasi juga ditutup dan atau dibatasi jam operasinya.

Kini, baru diumumkan oleh Perdana Menteri Suga Yoshihide kalau akhirnya negara Jepang akan mulai melakukan proses vaksinasi coronavirus kepada warganya. Vaksinasi tersebut akan mulai dilakukan dalam pertengahan minggu depan, yang akan diatur untuk dijadwalkan mulai tanggal 17 Februari, setelah mengkonfirmasi efektivitas dan juga keamanan dari vaksin tersebut.

Dikatakan kalau Pemerintah Jepang akan memakai vaksin Pfizer, dan pertama akan dilakukan kepada para pekerja medis, dan setelah terbukti keamanannya berikutnya akan dilakukan vaksinasi kepada para orang-orang tua umur 65 keatas.

Tapi kabar menggembirakan ini diselingi kabar mengkhawatirkan lagi dari Menteri Kesehatan Jepang Tamura Norihisa. Karena dikatakan kalau jumlah suntikan yang tersedia untuk vaksinasi ternyata tidak cukup untuk jumlah orang yang direncanakan.

Dikatakan kalau mereka telah memesan dosis vaksin untuk 72 juta orang dengan asumsi satu suntikan bisa dipakai untuk enam orang. Tapi tanpa suntikan low dead space, angkanya berkurang jadi hanya bisa dipakai untuk lima orang, membuat jumlah totalnya berkurang jadi 60 juta.