Uzumasa Joraku merupakan festival yang diadakan di Kyoto tiap musim gugur. Festival yang juga dikenal sebagai festival samurai ini akan diadakan kembali tahun ini pada bulan November tanggal 14-15 bertempatkan di studio milik Toei yakni desa Uzumasa yang dikenal sebagi desa yang sering digunakan sebagai latar film maupun drama bertemakan Jepang jaman Sengoku. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “刀-Sword-“.

Uzumasa Joraku sendiri merupakan festival yang dimulai sejak tahun 2007 yang merupakan salah satu festival yang ditujukan bagi para penggemar cerita samurai baik samurai berdasarkan sejarah maupun fiksi. Nah sesuai dengan tujuan utama Uzumasa Joraku Festival yakni menyuguhkan berbagai karya-karya bertema samurai baik dari film, anime, game, maupun sejarah dan bukan hanya itu saja festival ini juga akan mendatangkan berbagai cosplayer dan bintang tamu yang tentunya dikenal akan kontribusinya dalam dunia yang menyangkut samurai, semisal para pembuat pedang.

Pada tahun ini dikatakan akan mendatangkan Kinoshita Shokaze dan Kawasaki Akirataira yang merupakan pembuat pedang Jepang. Bukan hanya itu, mangaka Kamata Kimiko akan menjadi pembicara dalam talkshow bertemakan ” Pedang Jepang berdasarkan Sanjo Munechika”, Minna tahu kan Sanjo Munechika? Sanjo merupakan pembuat pedang Mikazuki yang dikatakan sebagai salah satu dari 5 pedang terindah di Jepang, bagi penggemar Game Touken Ranbu pasti tidak akan asing dengan nama Mikazuki Munechika, lha Sanjo Munechika ini merupakan swordsmith-nya pedang cantik itu. Kamata Kimiko sendiri merupakan mangaka yang terkenal dikarenakan sering menggunakan “katana” (pedang) sebagai tema manga-nya. Nah buat cosplayer yang pengen dan butuh setting ala Jepang kuno sangat diperbolehkan untuk datang dan bergabung dalam festival ini karena ya tentu saja pemandangan yang ditawarkan oleh desa Uzumasa sangat mendukung hal tersebut.

uzumasapict