Utsuru! tahun ini telah menginjak tahun ketiga pelaksanaannya. Event yang dianggap sebagai event pesta komunitas ini pertama kali diadakan pada tahun 2014 atas kerjasama Japan Culture Daisuki dan KAORI Nusantara.  Utsuru sejak awal memiliki konsep sebagai acara gathering komunitas di wilayah Malang dan Jawa Timur. Daya tarik utama dari event ini adalah semua komunitas yang berpartisipasi di dalamnya, baik berupa booth komunitas maupun performance di panggung utama event.

Selain sebagai acara gathering komunitas, acara ini juga merupakan ajang eksistensi komunitas yang berada di wilayah Jawa Timur untuk berinteraksi dengan pengunjung yang datang melalui project yang dilaksanakan. Dari tahun ke tahun, komunitas yang berpartisipasi dalam booth komunitas Utsuru! semakin meningkat, baik secara jumlah maupun kualitas project yang diadakan.

poster-utsuru-3ed

Tahun ini, Utsuru! #3 diikuti oleh lebih dari 30 komunitas yang unjuk gigi untuk memamerkan project terbaik mereka.  Project yang diadakan juga tidak main-main! Sebut saja Magetsu Crush Gear yang menghelat Turnamen Crush Gear untuk kedua kalinya. Aruta yang menggelar kontes fotografi dan cosplay khusus untuk genre street style, Perakit Komik yang berencana untuk mengulang kesuksesan lomba melengkapi komik 4 panel tahun lalu, dan masih banyak lagi kompetisi yang diadakan di masing-masing booth.

Karena konsep nya yang merupakan pesta komunitas, performer yang meramaikan stage Utsuru! juga merupakan perwakilan dari komunitas di Jawa Timur. Satu-satunya lomba yang diadakan secara resmi oleh Japan Culture Daisuki dalam event ini adalah Community Competition, yang akan mengirimkan perwakilan komunitas terbaik untuk jalan-jalan ke Anime Festival Asia Singapore (AFA SG) dengan akomodasi yang ditanggung penuh oleh Japan Culture Daisuki. Hadiah yang anti mainstream ini dimaksudkan agar member komunitas pemenang menikmati atmosfir event di luar Malang dan Indonesia, yang diharapkan mampu membagi pengalaman dan memajukan komunitas yang berada di Malang.

Gimana akiba-chan dan Akiba-kei? Sudah menyiapkan amunisi? Jangan sampai lewatkan keseruan tahun ini ya! Catet! Acara ini akan digelar di Rooftop lt. 3 Mall Dinoyo City Malang, pada 8-9 Oktober 2016. See U There~