Akiba-chan dan akiba-kei pernah baca genre manga yang sedikit lebih berat dari sekedar romance atau slice of life nggak? Kalau belum pernah kalian mungkin bisa menengok serial manga yang satu ini. Utsunuke, atau versi panjangnya berjudul Utsu Tunnel o Nuketa Hito-tachi (うつ トンネルを 抜けた 人たち) karya Tanaka Keiichi.

Nah, tapi kalau kalian males baca mimin ada penggantinya. Kabar baiknya, serial manga Utsunuke ini bakal diadaptasi menjadi dorama live action. Menurut website resmi Kadokawa selaku produsen percetakannya, dorama live action ini direncanakan tayang pada Musim Dingin 2018. Tapi keterangan spesifik seperti tanggal dll nya masih belum terungkap.

Utsunuke live action akan melibatkan Tanaka Naoki sebegai tokoh utama sekaligus sosok sang mangaka, Tanaka Keiichi. Naoki sendiri merupakan anggota dari duo komedian yang dikenal dengan nama panggung Kokoriko. Selain itu juga akan ada Suzuka Ohgo yang mendapatkan peran sebagai Kaneko – asisten dari sang mangaka. Meskipun belum ditentukan secara keseluruhan teamnya, namun sudah dapat dipastikan bahwa Keisuke Kuroyanagi akan didaulat sebagai sutradara.

Untuk alur plotnya, Utsunuke merupakan manga berbentuk essay non-fiksi yang menceritakan masalah seputar masalah depresi. Di dalam manga tersebut banyak menceritakan bagaimana sang  mangaka berjuang melawan rasa depresinya sendiri dengan menggambar. (Disini disebut utsu tunnel atau depression tunnel, artinya tingakt depresi yang sudah memasuki level akut).

Selain itu untuk menambah wawasan dan ilmu, mangaka ini juga menginterview berbagai macam orang dengan gangguan depresi sebagai sumber valid manganya. Nah di dalam versi dorama live action nanti setiap episode akan dibuat dengan melibatkan karakter yang selalu berbeda-beda. Mengikikuti cerita oleh setiap orang yang diwawancarainya. Seperti cerita salaryman, ibu rumah tangga dan pekerja paruh waktu.

Semuanya menyajikan masalah dan bagaimana cara mengatasinya. So, buat akiba-chan dan akiba-kei yang merasa butuh ilmu di genre ini boleh banget nih buat nonton. Disampiakan secara fun kok. 🙂

Sekedar info, Kadokawa menerbitkan serial manga Utsunuke baru pada Januari 2017 lalu. Namun karena ceritanya yang sangat unik dan bagus membuatnya berhasil masuk jajaran Tezuka Osamu Cultural Prize. Manga ini juga telah terjual hingga 330.000 copy.