URBANGARDE sebuah band yang beraliran “Trauma Techno Pop”, yang menggabungkan suasana nyentrik antara vocal cewek dan cowok, visual art yang menggagumkan dan tidak jarang mengandung pesan yang menyinggung gejolak sosial ini merupakan warna lain dari musik yang ada di Jepang. Setelah perilisan album terbaru Showa 90, URBANGARDE telah merilis beberapa MV dari track-track di album tersebut.

Terkenal dengan keberanian mereka dalam menyinggung isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat baik di Jepang maupun seluruh Dunia, URBANGARDE merilis album Showa 90 pada awal Desember lalu ditemani dengan sebuah Video bergaya militer, dengan pesan Anti-perang “Kuchibiru Democracy” (“Lips Democracy”). Banyak stasiun TV di Jepang yang menolak penayangan Video ini di Channel mereka, karena imagery dalam video ini yang dianggap terlalu ekstrim.

Dan video yang terbaru dari mereka yang tidak kalah kontroversial, yaitu MV dari track berjudul “Heisei Shibou Yuugi” (“Heisei Death Game”), yang mempunyai cinematic yang unik dimana pengambilan gambar dilakukan dengan kamera Lo-fi, dipadu dengan gaya Voyeuristic yang eksentrik. Di video ini juga menyertakan 3 gadis muda diantaranya Idol Gravure Rei Kuromiya (yang juga dikenal di LADYBABY dan BRATS), Aoi Yagawa (Maison Book Girl) dan Hinano Shido, yang menceritakan tentang rasa kesepiannya dan terisolasi di tengah hiruk pikuknya kota metropolitan di Tokyo.

RMMS-URBANGARDE-Heisei-Death-Game-2

Sebuah dialog yang mencekam juga diselipkan ditengah MV “Heisei Death Game” ini yang berisi suara 4 gadis yang sedang berbincang soal Depresinya dan Self-abuse, termasuk melukai kulit mereka sendiri saat melewati masa-masa sulit. Seorang penulis sekaligus pengamat media Go Yoshida juga mewawancarai performer Ano (dari Yurumerumo, atau You’ll Melt More), idol Maki Itou (linQ), model Hano Hanayo, and aktris AV Sakura Shiraishi, dimana menuai kesimpulan bahwa keceriaan yang terlihat didepan publik sangatlah kontras dengan apa yang digambarkan dalam video ini.

RMMS-URBANGARDE-Heisei-Death-Game-1

RMMS-URBANGARDE-Heisei-Death-Game-3

URBANGARDE juga telah merilis 2 video lain sepanjang Desember lalu yakni dari track “Shinjuku Mon Amour” yang upbeat dengan video dari live footage mereka. Dan juga  “Love Letter Mayou” yang terasa seperti theme song dari sebuah video game.

URBANGARDE
SHOWA 90
Track List
01. Kuchibiru Democracy (Lips Democracy)
02. Love Letter Moyu (Burning Love Letter)
03. Coin Locker Babies
04. Shinjuku Mon Amour
05. Shijin-Gari (Poet Hunting)
06. Hako-Otoko Ni Kike (Listen To The Box Man)
07. SHOWA Kyujyu-nen Jyuni-gatu (December in SHOWA 90)
08. Aikon Aika (Icon Elegy)
09. Zombie Powder
10. Heisei-Shibou-Yuugi (Heisei Death Game)
11. All Doubt Nippon
RMMS-URBANGARDE-Showa-90-Jacket-Limited
 RMMS-URBANGARDE-Showa-90-Jacket-Regular