Virus korona tak hanya membatalkan atau mengundurkan berbagai event di Jepang, tapi juga mempengaruhi produksi anime, membuat berbagai projek anime tahun ini juga jadi mengalami pengunduran. Salah satu yang terpengaruh adalah animanga Doraemon dimana diumumkan kalau perilisan anime film Doraemon 2020 jadi diundur. Dan baru-baru ini diberikan update baru mengenai jadwal tayang film-film Doraemon tahun 2020 ini.

Sebelumnya diumumkan kalau film tahunan anime Doraemon untuk tahun 2020 yang juga film Doraemon ke-40 dan merayakan anniversary 50 tahun anime Doraemon yang berjudul Nobita no Shin Kyouryuu dibatalkan perilisannya di bioskop Jepang yang seharusnya dilakukan pada tanggal 6 Maret 2020 kemarin.

Dan terhubung dengan hal tersebut, event pembukaan film itu yang seharusnya dilakukan di TOHO Cinema Roppongi Hill juga dibatalkan. Keduanya terjadi karena kekhawatiran dari situasi penyebaran virus korona yang terjadi di Jepang.

Dikatakan kalau tanggal baru penayangan film tersebut akan diberikan nanti. Dan sesuai perkataan tersebut, kini baru diberikan tanggal baru penayangan dari film Doraemon Nobita no Shin Kyouryuu, yang kini akan ditayangkan di bioskop-bioskop Jepang pada tanggal 7 Agustus 2020 nanti. Akan tetapi dalam kabar baik tersebut juga ada kabar yang tak begitu baik.

Karena bagi yang belum tahu, tanggal tersebut seharusnya adalah jadwal perilisan untuk movie 3D CG Doraemon Stand By Me 2 yang merupakan sequel dari Doraemon Stand By Me, film 3D CG paling pertama seri Doraemon yang dirilis tahun 2014 lalu.

Stand By Me 2 diproduksi oleh Shin-Ei Animation, Shirogumi, Robot Communication dan masih disutradai Yagi Ryuuichi dan Yamazaki Takashi, dengan Yamazaki juga sekali lagi menangani naskahnya. Kisahnya berdasarkan anime Doraemon Obaachan no Omoide, tapi dengan elemen original macam elemen romance Shizuka dan Nobita seperti pada Stand By Me pertama.

Dan awalnya movie tersebut dijadwalkan untuk tayang di Jepang paa tanggal 7 Agustus, tapi baru-baru ini TOHO memberikan pengumuman kalau kini perilisan movie 3D CG Doraemon Stand By Me 2 jadi diundur. Tak diberi penjelasan kenapa malah dilakukan pertukaran pengunduran tanggal seperti ini, padahal mungkin lebih asyik kalau keduanya dirilis bersamaan ya 😉