Jepang terlihat mengkhawatirkan menghadapi coronavirus dengan kemarin-kemarin masa darurat covid diperpanjang lagi. Dan baru-baru ini diberikan update baru lagi yang tidak menyenangkan, karena area masa darurat itu makin diperluas dengan tambahan 3 prefektur lagi, belum lagi kabar dampak lain-lainnya pada dunia anime, dengan adanya seiyuu muda yang positif kena virus itu dan pengunduran makin banyak film anime lagi.

Sebelumnya masa darurat coronavirus di Jepang dilakukan pada prefektur Osaka, Kyoto, Hyogo, dan Ibukota Tokyo saat masa libur Golden Week untuk menekankan penyebarannya. Akan tetapi pada masa darurat itu berlangsung terlihat jumlah kasus masih bermunculan dan mengkhawatirkan, terutama di Osaka, membuat waktunya diperpanjang lagi sampai akhir Mei.

Dan tak hanya itu, tapi areanya juga makin diperluas dengan ditambahkan Prefektur Aichi dan Fukuoka. Dan juga dengan Prefektur Gifu, Saitama, Ehime, Chiba, Kanagawa, Mie, dan Hokkaido masuk dalam status pencegahan intensif.

Tapi kini muncul update baru kalau status Hokkaido ditingkatkan lagi, membuatnya masuk dalam masa darurat juga, dan selain itu ditambahkan juga prefektur Okayama dan Hiroshima. Sementara itu Gunma, Ishikawa, Kumamoto ditambahkan dalam status pencegahan intensif.

Semua ini tentunya terlihat sangat mengkhawatirkan bagi negara Jepang. Dan dampak juga terasa dalam dunia entertainment. Setelah pro gamer Daigo dikabarkan positif, baru-baru ini dikabarkan seiyuu muda Ozaki Yuka juga positif terinfeksi. Fans akan mengenal sang seiyuu sebagai pemeran Serval dari Kemono Friends dan Toyama Asuka dari BanG Dream.

Ken On agensi sang seiyuu mengumumkan kalau Ozaki ditemukan positif dari tes setelah ia melakukan kontak dekat dengan seseorang yang positif pada hari Rabu minggu lalu. Tapi meski positif dikatakan kalau sang seiyuu tidak menunjukkan gejala dan sakit.

Kabar lain dunia anime mengenai coronavirus adalah tambahan dua film yang diumumkan diundurkan penayangannya. Film dari anime Shojo Kageku Revue Starlight diundur sampai 5 Juni. Dan juga film adaptasi dari visual novel Kud Wafter yang diundur sampai 16 Juli di Tokyo, Osaka, Fukuoka, Sapporo, dan di Nagoya sampai 6 Agustus.