Pandemik masih belum selesai juga, dan malah semakin menjangkit di beberapa negara. Jepang adalah salah satu yang melihat peningkatan angka positif, membuat mereka memutuskan untuk memasuki masa darurat lagi. Dan sayangnya itu juga membawa dampak bagi dunia animanga lagi. Dan baru-baru ini update covid Jepang juga masih suram, dengan diperluasnya area darurat corona di Jepang, dan dengan dampak yang makin bertambah juga seperti pada film Shin EVA.

Sebelumnya, Perdana Menteri Jepang baru Suga Yoshihide mengumumkan masa darurat coronavirus kedua yang berlaku untuk prefektur Kanagawa, Saitama, Chiba, dan Tokyo sampai awal Februari 2021, mengikuti peningkatan angka positif kasus coronavirus dari akhir 2020, yang memecah rekor baru di Jepang dimana mencapai lebih dari dua ribu di Tokyo minggu lalu.

Masa darurat tersebut membuat berbagai pembatalan dan pengunduran berbagai event, diantaranya adalah event besar figurine animanga Wonder Festival Winter 2021 dan semua kompetisi kartu Yu-Gi-Oh dalam tahun ini. Dan juga membatasi aktivitas tempat rekreasi seperti Gundam Factory Yokohama.

Dan baru-baru ini diberikan update baru lagi mengenai hal tersebut, dengan Suga Yoshihide mengumumkan kalau area masa darurat coronavirus diperluas lagi, dengan menambah sampai 7 prefektur lagi, yaitu pada prefektur Tochigi, Gifu, Fukuoka, Aichi, Hyogo, dan dua prefektur besar Kyoto dan Osaka, yang berlaku sampai 7 Februari 2021 juga.

Selain itu, Jepang juga menahan pemasukkan warga negara asing sejak bulan lalu mengikuti adanya varian virus baru di Inggris, walau masih memperbolehkan pendatang untuk urusan bisnis dari beberapa negara Asia. Tapi kini pembatasan itu semakin diperketat, dengan penolakkan semua negara untuk hal apapun kecuali untuk urusan spesial.

Dan tentunya, dampak pada dunia animanga masih berlanjut juga. Diantaranya adalah pengunduran dari pembukaan Super Nintendo World pada Universal Studios Jepang yang seharusnya diadakan tanggal 4 Februari. Dan juga pengunduran event konser Macross Frontier Galaxy Live 2021 yang seharusnya diadakan tanggal 5-6 Februari di Tokyo.

Dan yang kasihan lagi, bersamaan dengan perilisan trailer baru, diumumkan juga kalau untuk kedua kalinya film Shin Evangelion diundur penayangannya, setelah penayangan film itu dijadikan tanggal 23 Januari 2021 karena pandemik tahun lalu. Dan terhubung dengan itu perilisan single lagu tema film itu oleh Utada Hikaru yang seharusnya jatuh tanggal 27 Januari juga diundur.