Tak begitu mengherankan melihat wabah virus corona memberikan dampak ekonomi yang besar di berbagai negara dan industri, dan hal itu juga terjadi pada dunia animanga di Jepang. Dengan banyaknya penayangan anime kena delay dan pembatalan event, keuangan banyak seiyuu Jepang jadi mengkhawatirkan. Hal itu sudah terlihat sejak awal April lalu, dan dikabarkan kalau sampai Mei ini, dan kedepannya, masih akan mengkhawatirkan lagi.

Minggu ini Japan Actors Union dikabarkan sekali lagi membuat laporan keuangan, yang datanya didapat dari 293 responden yang dalamnya terdiri dari pengisi suara dan juga aktor. Dan dari data yang baru tersebut, terlihat kalau keuangan para seiyuu dan aktor Jepang dalam bulan Mei ini, sekitar 1 bulanan setelah survey keuangan mereka yang sebelumnya, masih saja memprihatinkan.

Dikatakan lebih dari 60% aktor dan seiyuu freelance diperkirakan akan mendapatkan hanya setengah dari upah yang biasa mereka dapatkan mulai dari bulan Mei ini. Diantara responden, diantisipasi kalau 43% akan mendapatkan setengah atau bahkan dibawah lagi dari pendapatan reguler mereka, dan 23% dikatakan mereka tidak akan ada pendapatan.

Dan ya, itu dikatakan “Mulai dari” Mei ini, dengan dikatakan kalau 90% responden melaporkan berkurangnya tawaran kerja, 35% melaporkan pengurangan request kerjaan baru untuk kedepannya, dan 57% melaporkan tidak mendapatkan tawaran sama sekali.

Tak mengherankan kalau sampai sekarang ini masih saja ada seiyuu yang berubah aktivitas dengan menjadi lebih proaktif sebagai Youtuber dengan membuka channel sendiri untuk tetap bekerja dan berinteraksi dengan fans, sekaligus membantu masyarakat.

Seiyuu Kotobuki Minako contohnya, yang tak hanya membuat vlog Youtube kehidupannya di Inggris, tapi juga ikutan tampil dalam channel Youtube idol seiyuu group Sphere bersama dengan Toyosaki Aki, Tomatsu Haruka, Takagaki Ayahi.

Dan bicara soal idol seiyuu, Meme Queen Amaki Sally juga dikabarkan baru membuka channel Youtube sendiri. Dan selain seiyuu secara individu, agensi seiyuu juga ada yang membuka channel sendiri dan suka membagikan vlog seiyuu agensi tersebut, seperti I’m Enterprise.